Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas Tertinggi

Empat parpol malah merosot elektabilitasnya

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi saat ini, dibandingkan partai lain. Hal ini terlihat dalam hasil survei yang digelar Lembaga Riset Publik (LRP).

Berdasarkan hasil survei LRP, elektabilitas PDIP 31,2 persen. Rata-rata responden memilih PDIP karena partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu dianggap berpihak kepada rakyat kecil yakni sebesar 23,8 persen.

"Kami menanyakan kepada responden, jika Pemilu Legislatif dilakukan hari ini, partai politik mana yang dipilih, hasilnya sebanyak 31,2 persen memilih PDI Perjuangan," kata Direktur Riset LRP Arvan Maulana dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (6/1), seperti dilansir Antara.

1. Gerindra menyusul setelah PDIP

Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas TertinggiIDN Times/Irfan Fathurohman

Selanjutnya di posisi kedua terdapat Partai Gerindra. Arvan mengatakan, partai pimpinan Prabowo Subianto itu mengantongi elektabilitas 17 persen, kemudian disusul Partai Golkar di posisi ketiga dengan 7,2 persen.

"Gerindra dan Golkar dianggap memiliki visi, misi, dan program yang bagus atau sebesar 26,5 persen," ujarnya.

2. Partai Demokrat dan PKB memiliki elektabilitas sama

Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas TertinggiIDN Times/Victor Raditia

Di posisi keempat dan kelima, terdapat Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas masing-masing 5,3 persen.

Arvan mengatakan, Partai Demokrat dipilih karena pemilih suka dengan Ketua Umumnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sementara yang memilih PKB karena dianggap mewakili kepentingan umat Islam.

3. Elektabilitas Partai Nasdem, PKS dan Hanura

Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas TertinggiDok. IDN Times/Istimewa

Selanjutnya parpol lain yakni Partai Nasdem elektabilitasnya 3,3 persen, PKS 3 persen, PAN 2,9 persen, PPP 2,8 persen, PBB 2,5 persen.

Sedangkan Partai Hanura 1,9 persen, Partai Perindo 1,5 persen, PSI 1,2 persen, PKPI 0,8 persen, Partai Berkarya 0,5 persen, dan Partai Garuda 0,4 persen.

4. Elektabilitas PDIP naik signifikan

Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas TertinggiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dalam survei ini, LRP juga menemukan fenomena bahwa PDIP menjadi parpol yang mengalami kenaikan elektabilitas paling signifikan, yaitu 2,7 persen dalam dua bulan terakhir, yakni dari 28,5 persen di Oktober 2018, menjadi 31,2 persen di Desember 2018.

"Parpol kedua yang juga mengalami peningkatakan adalah PBB (Partai Bulan Bintang) mencapai 1,2 persen, yaitu dari 1,3 persen pada Oktober 2018 menjadi 2,5 persen di Desember 2018," beber Arvan.

5. Empat parpol elektabilitasnya merosot

Survei LRP: PDIP Unggul Jadi Parpol dengan Elektabilitas TertinggiIDN Times/Afriani Susanti

Menurut Arvan, parpol lain tren kenaikannya di bawah 1 persen. Tidak hanya kenaikan elektabilitas, ada juga 4 parpol yang elektabilitasnya merosot yakni Gerindra, PKB, Partai Nasdem, dan Perindo.

Survei ini sendiri melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia, yang telah memiliki hak pilih dengan teknik sampling "multistage random sampling.

Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan pengumpulan data lapangan dilakukan pada pekan keempat Desember 2018.

Baca Juga: PDIP Sediakan Training of Trainers Untuk Puluhan Ribu Saksi Pemilu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya