Targetkan PKB Juara 2, Muhaimin: Kita Harus Menangkan Pemilu 2024

Cak Imin optimistis PKB bisa masuk 3 atau 2 besar di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar meminta kader partainya mempersiapkan diri sejak awal, agar PKB bisa masuk dua besar di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Muhaimin atau akrab disapa Cak Imin optimistis PKB bisa masuk tiga atau bahkan 2 besar, karena melihat sejumlah hasil survei yang menyebutkan posisi PKB cukup bagus.

"Sampai pemilu nanti, kita harus memenangkan pemilu, minimal bisa rebut juara dua pada Pemilu 2024," kata Muhaimin seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (29/8/2021).

Baca Juga: Muhaimin: Semangat Gus Dur Jadi Inspirasi Masyarakat Hadapi Pandemik

1. Muhaimin minta kader PKB terus berinovasi

Targetkan PKB Juara 2, Muhaimin: Kita Harus Menangkan Pemilu 2024Ketum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin dalam virtual (Dok. Istimewa)

Guna mencapai target tersebut, Muhaimin meminta seluruh anggota DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota dari PKB harus terus bekerja sesuai fungsi dan tanggung jawabnya.

Wakil Ketua DPR RI itu meminta seluruh DPC dan DPW PKB terus berinovasi, mencari cara-cara yang kreatif dan tidak terjebak formalitas.

"Hadirkan PKB secara inklusif, cair, 'nyambung' dengan apa yang terjadi di masyarakat. Kalau bikin acara, harus betul-betul yang bisa menjadikan PKB mudah diakses, mudah ditempuh untuk berkomunikasi, dan apabila memungkinkan bisa membantu apa yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

2. PKB harus bisa jadi kekuatan pembaharu

Targetkan PKB Juara 2, Muhaimin: Kita Harus Menangkan Pemilu 2024ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Muhaimin menegaskan, di tengah kondisi stagnasi politik, ekonomi, dan berbagai ancaman akibat pandemik COVID-19, PKB harus bisa menjadi kekuatan pembaharu dan pembeda, serta menjadi jalan keluar atau harapan baru.

"Saya melihat akan terjadi ada pemerintah daerah yang tidak berdaya mengatasi keadaan sulit karena cara kerjanya salah. DPC-DPC PKB harus terus mencermati kinerja pemerintahan di daerah masing-masing," ujarnya saat memberikan arahan secara virtual pada Pengukuhan dan Penandatanganan Pakta Integritas DPC PKB se-Sulawesi Tenggara (Sultra), serta "Coaching Clinic" Pencalegan Dini DPW PKB di Kota Kendari, Sultra, Sabtu (28/8/2021).

3. Muhaimin minta PKB harus mampu jadi jembatan aspirasi masyarakat

Targetkan PKB Juara 2, Muhaimin: Kita Harus Menangkan Pemilu 2024IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, menurut Muhaimin, komunikasi yang tepat akan memiliki dampak yang sangat luas, karena prinsip-prinsip komunikasi adalah memberikan pendidikan, pencerdasan, dan pendewasaan politik.

Selain itu, kata dia, PKB harus mampu menjadi jembatan dan sarana untuk menindaklanjuti harapan dan aspirasi masyarakat kepada lembaga-lembaga terkait.

"Misalnya aspirasi tentang penderitaan seorang petani yang tanahnya digusur, tersalurkan melalui parpol dengan tepat. Jangan didiamkan. PKB harus hadir, membawa dan menyuarakan masalah itu," ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar Belum Lapor Harta Kekayaan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya