Tjahjo Kumolo Pernah di Golkar, Ini Kenangan Menko Airlangga 

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022)

Jakarta, IDN Times — Menteri Koordinator Perekenomian Airlangga Hartarto mengenang MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebagai seorang tokoh politik senior yang sederhana.

Airlangga mengaku ingat betul momen-momen Tjahjo saat menjabat sebagai kader di Partai Golkar.

“Jadi almarhum Pak Tjahjo sebelum di PDIP pernah di Partai Golkar menjadi salah satu mentor pajak orang, termasuk saya,” kata Airlangga di rumah duka, Komplek Widya Chandra IV, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Airlangga kemudian mengatakan memiliki hubungan dekat dengan Tjahjo selama di kabinet pemerintahan. Tjahjo dikenal sebagai orang yang sangat membantu perubahan di lingkungan ASN.

“Selama di kabinet kami cukup dekat dan saling bertukar informasi, dan juga tentu sangat membantu di dalam proses terkait perubahan atau perputaran di ASN,” tuturnya.

“Jadi saya sangat kehilangan, dan secara rutin almarhum Pak Tjahjo itu sering memberikan data-data, masukan, baik tentang pemerintahan maupun politik,” sambung Airlangga.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.20 WIB. Almarhum akan dimakamkan di TMP Kalibata pada sore ini. Diketahui Tjahjo telah dirawat selama sepekan lebih di Rumah Sakit Abdi Waluyo karena menderita komplikasi dan gangguan paru.

Pantauan IDN Times di lokasi, Mensos Risma sudah ada di rumah duka sejak pukul 12.00 WIB. Setelah itu hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pukul 13.30 WIB.

Beberapa tokoh lainnya yang juga turut hadir yakni Politikus Senior PDIP Panda Nababan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Kemudian Menaker Ida Fauziyah, Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Baca Juga: Kenang Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua KPK: Beliau Sangat Berjasa 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya