TNI AU Siapkan Pesawat Boeing dan Hercules Evakuasi WNI dari Wuhan

WNI dari Wuhan akan dikarantina di RSPI dr. Sulianto Saroso

Jakarta, IDN Times - Virus corona makin mengkhawatirkan. Hingga Selasa (28/1) kemarin, jumlah korban meninggal dunia akibat virus mematikan itu tercatat 131 orang.

Sementara jumlah korban yang terjangkit virus corona, menurut Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, total ada 4.515 kasus pada akhir Senin (27/1). Angka terbaru menyebutkan, jumlah total yang dikonfirmasi di Tiongkok setidaknya 5.355 kasus.

Karena virus corona juga, puluhan mahasiswa Indonesia terisolasi di Wuhan, kota yang menjadi awal mula tempat penyebaran virus corona. Keluarga para mahasiswa tersebut mendesak agar anak-anak mereka segera dipulangkan ke Tanah Air. 

1. TNI AU Siapkan Pesawat Boeing dan Hercules untuk Evakuasi mahasiswa Indonesia dari Wuhan

TNI AU Siapkan Pesawat Boeing dan Hercules Evakuasi WNI dari WuhanTNI AU bersiap evakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok (Twitter/@_TNIAU)

Terkait nasib 98 mahasiswa Indonesia itu, TNI Angkatan Udara telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan TNI AU untuk mengevakuasi mahasiswa Indonesia dari Kota Wuhan.

Hal ini disampaikan TNI AU dalam cuitannya di akun Twitter resmi mereka, @_TNIAU, Rabu (29/1) pagi.

2. TNI AU rapat dengan Kemenko Polhukam, Kemlu, dan Kemenkes soal evakuasi WNI dari Wuhan

TNI AU Siapkan Pesawat Boeing dan Hercules Evakuasi WNI dari WuhanSebagian mahasiswa Aceh di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (Cina) (IDN Times/Istimewa)

TNI bersiaga mengevakuasi mahasiswa Indonesia dari Wuhan, setelah rapat dengan jajaran pejabat Kementerian Polhukam, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Kesehatan.

"Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat
@PolhukamRI
@Kemlu_RI
@KemenkesRI,
TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI. 👤#swabhuwanapaksa #sayaptanahair #jauhdilangitdekatdihati," demikian cuit @_TNIAU.

3. WNI yang pulang dari Wuhan akan dikarantina di RSPI dr. Sulianto Saroso, Jakarta

TNI AU Siapkan Pesawat Boeing dan Hercules Evakuasi WNI dari Wuhan(Nomor hotline untuk dihubungi soal virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Menjawab pertanyaan warganet soal karantina WNI yang dievakuasi dari Wuhan, TNI AU mengatakan, untuk karantina standarnya 28 hari atau 2 kali masa inkubasi di RSPI dr.Sulianto Saroso, Jakarta.

Data KBRI Beijing menyebutkan, terdapat sekitar 98 mahasiswa Indonesia di Kota Wuhan. Saat ini mereka mengurung di dalam kamar asrama agar tak terjangkit virus corona. Pemerintah melalui KBRI Beijing tengah mengusahakan agar bisa memboyong mereka pulang ke Tanah Air.

Desakan agar pemulangan semakin tinggi setelah Pemerintah Amerika Serikat mengirimkan pesawat khusus ke Wuhan, untuk mengevakuasi staf diplomat dan pejabat konsul jenderal di Wuhan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya