Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina 

Gibran dan Ketua MK jadi juru bicara keluarga

Jakarta, IDN Times - Kaesang Pangarep mengatakan, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad nikahnya dengan Erina Gudono di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022.

"Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, seperti dilansir ANTARA, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: 20 Fakta Pernikahan Kaesang dan Erina, 2 Menteri Jadi Saksi

2. Dua menteri jadi saksi pernikahan

Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman)

Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo ini mengatakan, selain Wapres Ma'ruf Amin, dua menteri juga bakal dilibatkan sebagai saksi pernikahannya.

Kedua menteri tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang akan bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang menjadi saksi dari pihak mempelai perempuan, Erina Gudono.

2. Acara ngunduh mantu berlangsung di Pura Mangkunegaran, Surakarta

Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina pariwisatasolo.surakarta.go.id

Kaesang menuturkan, selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih", kemudian dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

Dalam acara itu, lanjut Kaesang, akan hadir 150 tamu undangan.

Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina dimulai 8 Desember 2022, di antaranya semaan kitab suci Al-Quran, pemasangan "bleketepe", hingga "midodareni".

Sedangkan acara "ngunduh mantu" akan digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Desember mendatang.

3. Gibran dan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman jadi juru bicara keluarga

Wapres Ma'ruf Amin Didapuk Beri Khotbah Saat Akad Nikah Kaesang-Erina instagram.com/Gibran_rakabuming

Sedangkan yang bertindak sebagai juru bicara, Presiden Jokowi menunjuk putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dan adik iparnya yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman.

"Juru bicaranya Nanti Mas Gibran Rakabuming dan Pak Anwar Usman," ujar Jokowi usai mengikuti rapat persiapan pernikahan Kaesang-Erina di Ndalem Wuryoningratan, Solo, Minggu (4/12/2022).

Anwar Usman belum lama ini menikah dengan adik Jokowi, Idayati, di Solo pada Kamis, 26 Mei 2022.

Baca Juga: Kaesang Antar Sendiri Undangan Pernikahan ke Cikeas, SBY Siap Hadir

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya