Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana Bogor

Yusril menolak gambaran sebagai antagonis terhadap Jokowi.

Jakarta, IDN Times - Setelah mengakui menjadi pengacara Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra akhirnya mengungkapkan dukungannya untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Insya Allah, kan sudah sama-sama, tapi (pernyataan dukungan) itu nanti Januari akan ke sana arahnya," kata Yusril di Masjid Baitussalam di kompleks Istana Presiden Bogor, Jumat (30/11), seperti dilansir Antara

Pada kesempatan ini Yusril mengungkapkan, hubungannya dengan Jokowi tidak seperti yang digambarkan di media sosial, sebagai tokoh antagonis. Lantas seperti apa hubungan Yusril dan Jokowi? 

Baca Juga: Yusril Jadi Pengacara Capres No Urut 01, Begini Reaksi Jokowi

1. Bertemu Jokowi, Yusril menolak gambaran sebagai antagonis

Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana BogorIDN Times/Fitria Madia

Yusril menjadi pengacara pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin sejak awal November 2018. 

Pada Jumat (30/11) pagi ini, Yusril bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor. Ia diterima langsung oleh Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

Yusril mengungkapkan, hubungannya dengan Jokowi baik-baik saja. "Jadi tidak seperti yang dikemukakan dalam banyak media sosial yang seolah-olah dibuat antagonis seperti itu. Tapi kenyataannya tidak demikian. Kami dengan Pak Jokowi ini baik-baik saja, ketawa-ketawa saja," kata Yusril sambil tertawa.

2. Jokowi akui sudah lama kenal dan pernah ke rumah Yusril

Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana Bogorinstagram.com/jokowi

Jokowi yang berdiri di samping Yusril tertawa mendengar pernyataan pendiri Partai Bulan Bintang (PBB) itu. Menurut Jokowi, dia sudah kenal lama dengan Yusril. 

"Saya dengan Beliau ini sudah kenal lama, saat wali kota sudah kenal baik. Karena memang PBB saat itu memang dengan kita. Kemudian saat menjadi gubernur juga saya sering ketemu, malah saya pernah ke rumah Prof Yusril," ungkap Jokowi. 

"Jadi menurut saya, dengan Beliau ini kawan dan sahabat yang akrab dan baik," ucap Jokowi. 

3. Jokowi dan Yusril bertemu untuk bahas urusan ketatanegaraan dan persoalan hukum

Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana BogorIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengungkapkan, pertemuannya dengan Yusril untuk membahas sejumlah urusan ketatanegaraan.

"Ya berbicara banyak mengenai negara terutama ketatanegaraan," ucap Jokowi. 

Pernyataan Jokowi diamini Yusril. Menurut Yursil, dia bersama Jokowi juga membahas sejumlah persoalan hukum.

"Baik Beliau tanya maupun Beliau tidak tanya, ya saya sampaikan. Ada yang Beliau pertimbangkan, mudah-mudahan membawa manfaat bagi kehidupan bangsa dan negara kita semuanya," tambah Yusril.

4. Yusril akui tidak berseberangan dengan Jokowi

Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana BogorDok. IDN Times/Istimewa

Yusril menegaskan, dirinya selama ini tidak berseberangan dengan Jokowi. Soal kritik yang kerap dia sampaikan, Yusril menyebutnya sebagai hal yang konstruktif, dan niatnya baik.

"Sebenarnya tidak berseberangan. Pak Jokowi pasti paham bahwa kadang-kadang ada kritik disampaikan tapi semua itu dengan niat yang baik, tapi juga kritik yang konstruktif ya, bukan asal kritik tanpa alasan. Karena niatnya baik, ya Beliau juga mendengarkan dan mempertimbangkan. Kalau sesuai ya dilaksanakan, kalau tidak sesuai ya tidak dilaksanakan, itu saja," jelas Yusril.

5. PBB putuskan dukungan untuk capres Januari 2019

Yusril Ungkap Dukungannya untuk Jokowi di Istana BogorDok. IDN Times/Istimewa

Mantan Menteri Kehakiman dan HAM era Presiden Gus Dur, yang juga pernah menjabat Menteri Sekretaris Negara di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengungkapkan, partainya akan melaksakanan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Januari 2019 mendatang.

Pada bulan itu juga akan diputuskan arah dukungan partainya untuk pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019.  

"Insya Allah nanti akan diputuskan Januari, tapi kemarin kita sudah melakukan pertemuan dengan 24 wilayah dan pada umumnya semua itu memahami langkah yang kita tempuh, dan juga memahami apa yang saya laksanakan selama ini," papar Yusril.

Baca Juga: Yusril Jadi Pengacara Kubu Jokowi-Ma'ruf, Prabowo Tunjuk Hotman Paris?

Topik:

  • Sunariyah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya