Comscore Tracker

Menhub Prediksi Kabut Asap Tidak akan Lama Ganggu Penerbangan

Ia memprediksi penerbangan hanya terganggu 2 pekan

Balikpapan, IDN Times – Sejumlah penerbangan di beberapa bandara di Kalimantan Timur diakui oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, masih terganggu akibat kabut asap. Hal itu disampaikan Budi ketika berkunjung ke Balikpapan pada Kamis (19/9) kemarin. 

Budi menilai kondisi terparah yang terkena dampak kabut asap ada di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Pasalnya, Kalbar merupakan salah satu daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan cukup parah.

“Masih banyak (penerbangan) yang batal di sana (Bandara Supadio),” katanya usai menghadiri Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Serbaguna Perkantoran Angkasa Pura (AP) I Balikpapan.

Lalu, apa solusi yang ditawarkan oleh Kementerian Perhubungan? 

1. Minim anggaran, sulit atasi kabut asap yang mengganggu penerbangan

Menhub Prediksi Kabut Asap Tidak akan Lama Ganggu PenerbanganIDN Times/Surya Aditya

Menurut Budi, masalah kabut asap yang mengganggu bandara seharusnya bisa ditanggulangi. Sebab, kata dia, saat ini sudah ada alat dengan teknologi canggih untuk mengantisipasi kepekatan asap. Namun, bandara di Indonesia belum memiliki alat tersebut, lantaran harganya terbilang mahal.

Oleh karena itu, ketika terjadi kabut asap, bandara-bandara yang terkena dampaknya memilih untuk menghentikan operasi sementara waktu.

“Batas kepekatan asap kalau sudah menyelimuti bandara gak mungkin (dioperasikan) lagi. Kalau ada teknologinya (untuk mengantisipasi kepekatan asap) pasti mahal,” ujar Budi.

Baca Juga: [BREAKING] Wings Air Gagal Mendarat di Silangit karena Kabut Asap

2. Pemerintah optimistis kabut asap tidak akan lama ganggu penerbangan

Menhub Prediksi Kabut Asap Tidak akan Lama Ganggu PenerbanganDok. IDN Times/Istimewa

Budi meyakini, gangguan penerbangan karena kabut asap ini tidak akan berlangsung lama. Sebab, pemerintah saat ini sedang berupaya keras untuk menyelesaikan permasalahan karhutla yang menyebabkan terjadinya kabut asap.

“Kalau lihat Bapak Presiden (Joko Widodo) sampai turun dan sebagainya (menanggulangi karhutla), kami harapkan seminggu dua minggu ini selesai (masalah kabut asap),” tutur dia. 

Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak lagi membakar hutan dan lahan sebab hal tersebut bisa sangat merugikan banyak orang.

3. Gubernur Kaltim sebut Bandara APT Pranoto sudah beroperasi kembali

Menhub Prediksi Kabut Asap Tidak akan Lama Ganggu PenerbanganIDN Times/Surya Aditya

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor yang turut hadir dalam  FGD mengklaim, kabut asap yang menyelimuti kawasan di Bumi Etam sudah tidak parah.

“Dapat info terakhir menurun (kondisi kabut asap). Beberapa kawasan hari ini (Kamis 19/9) sudah menurun,” kata Isran kepada wartawan.

Bahkan, orang nomor satu di Kaltim ini mengatakan, Bandara APT Pranoto di Samarinda yang sempat berhenti beroperasi karena terganggu kabut asap, kini sudah berjalan normal.

“Yang di Samarinda (Bandara APT Pranoto) katanya sudah bisa landing. Tapi karena kemarin (beberapa waktu lalu) di-close, sehingga gak ada (pesawat) yang lewat (beroperasi) di APT Pranoto,” tutupnya.

Baca Juga: DLH Kaltim: Kualitas Udara di Samarinda Sangat Tidak Sehat

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya