Comscore Tracker

7 Potret Buya Syafii Semasa Hidupnya

Dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bersahaja

Jakarta, IDN Times - Bangsa Indonesia kembali berduka atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr H Ahmad Syafii Maarif, pada Jumat (27/5/2022). Buya Syafii tutup usia di RS PKY Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta, pukul 10.15 WIB.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," cuit Ketua Umum PP Muhammadiyah, Muhammadiyah Haedar Nasir, di akun Twitternya, Jumat.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr H Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii wafat pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Buya Syafii meninggal pada usia 86 tahun.

Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah RS PKU Gamping, dr. Evita Devi Noor Rahmawati menjelaskan, Buya Syafii sempat mengalami serangan jantung pada Maret dan pulih, lalu kembali dirawat di rumah pada 14 Mei 2022. Buya kembali mengalami beberapa henti jantung pada Kamis, 26 Mei 2022, hingga Jumat (27/5/2022), ia dinyatakan wafat.

Jenazah Buya Syafii disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Usai salat asar, jenazah Buya Syafii diberangkatkan menuju pemakaman milik Muhammadiyah, Husnul Khatimah Donomulyo Nanggulan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Buya Syafii dikenal sebagai sosok yang sederhana dan bersahaja. Dia adalah cendekiawan muslim dan negarawan yang banyak berjuang untuk kepentingan bangsa. Berikut tujuh potret kegiatan Buya Syafii selama masih hidupnya.

Baca Juga: Waketum MUI: Jangan Coba-Coba Rayu Buya Syafii dengan Kemewahan!

1. Buya Syafii saat menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di kediamannya di Yogyakarta

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaIDN Times/Tunggul Kumoro

2. Buya Syafii kerap dikunjungi banyak tokoh, termasuk Presiden Jokowi

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaPresiden Jokowi menjenguk Buya Syafii Maarif di Sleman, Yogyakarta/Antara

3. Buya Syafii lulus S3 pemikiran Islam di Universitas Chicago, Amerika Serikat. Karena itu, ia dikenal juga sebagai tokoh kebinekaan dan perekat bangsa

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaBuya Syafii Ma'arif. IDN Times/Siti Umaiyah

4. Buya Syafii saat mengikuti beberapa dialog soal calon pimpinan KPK periode 2019-2024. Buya pun dikenal sebagai sosok antikorupsi dan sederhan

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaMantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif (kedua dari kiri) ketika menghadiri dialog mengenai seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2024 (IDN Times/Santi Dewi)

5. Aktivitasnya tak terhenti usai menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah. Buya Syafii sering menjadi pembicara di beberapa seminar nasional hingga internasional

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaIDN Times/Humas dan Protokol UMY

6. Buya Syafii juga pernah menjadi Guru Bahasa Inggris dan Indonesia SMP serta SMA di Surakarta, hingga Dosen Sejarah dan Kebudayaan Islam di UII Yogya

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaMantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Safii Maarif. (IDN Times/Daruwaskita)

7. Tak hanya Presiden dan tokoh politik, negarawan seperti Jusuf Kalla juga pernah mengunjungi kediaman Buya Syafii

7 Potret Buya Syafii Semasa HidupnyaJusuf Kalla berkunjung ke kediaman alm. Buya Syafii Maarif pada 2019 lalu (dok. Tim Media JK)

Itulah potret mendiang Buya Syafii semasa hidupnya yang dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah dan juga negarawan. Selamat jalan Buya, semoga perjuanganmu ada penerusnya, kelak.

Baca Juga: Mengenang Sosok Buya Syafii yang Vokal Kritisi Pelemahan KPK

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya