Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus Balik

Kendaraan arus balik terus meningkat ke arah Ibu Kota

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mendukung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengusulkan sistem kerja dari rumah (WFH) bagi instansi pemerintah, swasta, dan perusahaan untuk mencegah kepadatan pada saat arus balik Lebaran 2022.

Menurut Andi langkah tersebut agar kemacetan pada saat arus balik mudik, dapat terurai sesuai dengan harapan semua pihak.

"Langkah tersebut sudah tepat, Kapolri tinggal melakukan komunikasi dan koordinasi kepada pihak terkait agar WFH dan wacana perpanjangan liburan sekolah dapat bersamaan," kata Ando dilansir ANTARA, Jum'at (6/5/2022).

Ia mendorong agar wacana WFH segera mendapat dukungan dan terealisasi sepenuhnya oleh semua pihak.

"Hal itu untuk memastikan dan menjawab kebingungan para pekerja yang hendak melakukan arus balik Lebaran agar tidak terburu-buru dan tidak bersamaan dengan mengatur jadwal arus balik ke Jakarta," ujar Andi.

Baca Juga: Arus Balik, 111.700 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta dan Bekasi

1. Sebagai salah satu upaya memberikan keselamatan dan menjaga kesehatan pemudik

Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus BalikIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Andi Rio menilai usulan WFH dapat memberikan keselamatan bagi para pengendara.

Ia berpendapat, jangan sampai karena terburu-buru ingin sampai ke Jakarta karena wajib masuk kerja, pemudik melaju dengan kecepatan tinggi di jalur-jalur yang tidak terhubung dengan sistem tilang elektronik (ETLE) yang melanggar kecepatan.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI meminta agar pemudik yang akan melakukan arus balik Lebaran, dapat mempersiapkan kondisi fisik yang prima dan tidak membawa barang berlebih.

"Pemudik saat arus balik Lebaran jangan sampai membawa buah tangan dari kampung halaman secara berlebihan. Mari kita utamakan keselamatan. Itu agar kita semua dapat kembali selamat sampai tujuan dan bertemu dengan tetangga rumah sekitar," ujarnya, dilansir Antara.

2. Dapat mengurai potensi kemacetan

Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus BalikIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengimbau instansi swasta maupun pemerintah yang masih memungkinkan dalam satu minggu ke depan bisa melaksanakan aktivitas kantor secara WFH.

Hal ini, menurut dia, untuk mengurai potensi kemacetan arus balik Lebaran 2022.

"Tentunya perlu dikoordinasikan sehingga antara perusahaan dan instansi perkantoran yang ada, kemudian bisa koordinasi dengan karyawannya sehingga proses kegiatan tetap bisa berjalan. Namun, masyarakat juga tidak menghadapi risiko arus balik pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei," kata Sigit.

Strategi dan imbauan tersebut, kata Sigit, bisa dilakukan dengan harapan arus balik Lebaran pada tahun ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Masyarakat bisa kembali beraktivitas ke kantor untuk bekerja dan di dalam perjalanannya bisa tetap nyaman serta petugas kami akan all out memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," tandasnya.

Baca Juga: Volume Arus Balik di Tol Trans Jawa Mulai Meningkat 90,4 Persen 

3. Kendaraan arus balik terus meningkat ke arah Ibu Kota

Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus BalikFoto udara suasana antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Arus para pemudik mulai kembali ke Jakarta. Tercatat sebanyak 120 ribu kendaraan bergerak menuju ibu kota pada Jum'at (6/5/2022) siang, Kabag Binaopsnal Ditlantas Polda Jabar, AKBP Bayu Catur Prabowo, mengatakan 70 persen kendaraan berasal dari gerbang tol Palimanan menuju Cikatama.

Volume lalu lintas (lalin) transaksi di beberapa gerbang tol (GT) di ruas jalan Tol Trans Jawa meningkat pada 3-5 Mei 2022. Dari data kendaraan yang tertangkap di Gerbang Tol Cikampek Utama, terlihat adanya peningkatan volume kendaraan dari arah timur Jawa menuju Jabodetabek.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan tercatat 173.114 kendaraan atau naik 90,4 persen dari volume lalu lintas normal 90.904 kendaraan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya