Comscore Tracker

Anies Hadirkan 'Kos' Terjangkau untuk Milenial di Kawasan TOD MRT

Harga yang ditawarkan maksimal Rp6 juta per bulan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menginisiasi hadirnya hunian terjangkau, Alaspadu. Alaspadu merupakan hunian sewa coliving (kos) berlokasi di kawasan MRT atau dekat transit transportasi publik yang biasa disebut Transit Oriented Development (TOD) untuk pekerja kelas menengah.

Penyediaan hunian sewa Alaspadu ini merupakan bagian dari program Jakhabitat dalam memberikan solusi hunian di DKI Jakarta.

"Saya ingin sampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta bahwa kami menyiapkan hunian bagi yang berpenghasilan rendah, dan menengah. Dan yang menengah ini disiapkan dengan pola-pola kolaborasi," kata Anies di Jakarta, Jum'at (19/8/2022).

"Maka kami berharap usaha akan tumbuh berkembang. Kemudian mereka yang membutuhkan tempat akan terfasilitasi, dan kita saat ini sedang menawarkan paradigma baru hidup di kawasan urban," sambungnya.

Baca Juga: Warga Rusun Marunda Tercemar Batu Bara, Pemprov DKI Jatuhkan Sanksi

1. Anies ajak milenial naik kendaraan umum dan tinggal di hunian dekat TOD

Anies Hadirkan 'Kos' Terjangkau untuk Milenial di Kawasan TOD MRTGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri inisiasi PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam menyambut hunian di Kawasan Transit Oriented Development (TOD), Jumat (19/8/2022).

Anies berharap kaum milenial mengandalkan kendaraan umum dan mulai berpikir menempati hunian dekat TOD. “Saya mengundang kepada generasi baru Indonesia yang saat ini mulai meniti karier di Jakarta, yang mulai membangun masa depannya. Mari bangun masa depan dengan lifestyle baru, dengan pola mobilitas baru yaitu mengandalkan kendaraan umum, mengandalkan jalan kaki."

"Sehingga ini merujuk pada kendaraan bebas emisi seperti sepeda dan di tempat-tempat yang dekat dengan kawasan pekerjaan," sambungnya.

Hadirnya hunian terjangkau ini ditandai dengan penandatanganan dua Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Hunian Terjangkau, yaitu antara Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud dan Co-Founder & CEO PT Rukita Bhinneka Indonesia Sabrina Soewatdy, dan Direktur Utama PT Cove Living Indonesia Rizky Kusumo disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Mohamad Aprindy.

2. Tantangan kaum urban milenial yang sulit membeli hunian di Jakarta, menjadi solusi hadirnya Alaspadu

Anies Hadirkan 'Kos' Terjangkau untuk Milenial di Kawasan TOD MRTGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri inisiasi PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam menyambut hunian di Kawasan Transit Oriented Development (TOD), Jumat (19/8/2022).

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy mengatakan sebagai operator utama pengelola kawasan berorientasi transit, PT MRT Jakarta (Perseroda) berkewajiban menghadirkan akses yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Salah satu prinsip pengembangan kawasan berorientasi transit ialah fungsi campuran yang di dalamnya termasuk hunian dalam radius jalan kaki. Kerja sama dengan pengusaha properti seperti COVE Living Indonesia dan Rukita Bhinneka merupakan upaya mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Menurut Direktur Cove Rizky Kusumo tantangan kaum urban milenial yang semakin hari semakin sulit membeli hunian di Jakarta, menjadikan penyewaan hunian menjadi solusi atas tantangan tersebut.

“Kolaborasi bersama MRT menjadi upaya kami untuk semakin memperluas akses hunian berkualitas yang terjangkau bagi banyak orang. Ditambah dengan adanya transportasi publik yang nyaman dan terjangkau, seperti MRT dan hunian berkualitas dari Rukita, kini masyarakat Jakarta dapat merasakan manfaat penuh dari pembangunan kota berkonsep TOD yang praktis, efisien, dan berkelanjutan," kata Co-Founder & CEO Rukita Sabrina Soewatdy.

Baca Juga: Anies Resmikan 33 Tower Rusunawa Baru, Klaim Terbanyak Selama Menjabat

3. Kerja sama ini sudah menghasilkan 750 unit Alaspadu, 400 unit siap huni

Anies Hadirkan 'Kos' Terjangkau untuk Milenial di Kawasan TOD MRTGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri inisiasi PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam menyambut hunian di Kawasan Transit Oriented Development (TOD), Jumat (19/8/2022).

Saat ini, kerja sama yang dijalankan MRT Jakarta bersama mitra operator properti yaitu COVE Living Indonesia dan Rukita Bhinneka, menghasilkan 750 unit Alaspadu pada 2022, dengan rincian 400 unit siap huni dan 350 unit dalam tahap persiapan atau penjajakan kerja sama.

Sementara untuk 2023, ditargetkan sebanyak 2.000 unit baru Alaspadu. Harga yang ditawarkan untuk hunian sewa co-living dengan maksimal biaya Rp6 juta per bulan.

Hunian Alaspadu tersebar di tiga stasiun MRT Jakarta yaitu:

  1. Rukita Kudus Menteng yang berjarak sekitar 550 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI
  2. Rukita Jack House Melawai yang berjarak 290 meter dari Stasiun Blok M BCA
  3. COVE Sky Cipete  yang berjarak 700 meter dari Stasiun Cipete Raya.

Sementara, 320 unit Rumapadu yang dalam tahap pembangunan dan berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati, yang berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

Untuk informasi terkait hunian terjangkau Alaspadu dan Rumapadu dapat dilihat pada Galeri Huni Jakhabitat di Taman Marta Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, serta pada website dan akun media sosial MRT Jakarta.

Sementara untuk pendaftaran melalui Website/Aplikasi Rukita atau Cove di tautan https://www.rukita.co/collections/alaspadu-rukita-mrt.

Ke depan, sistem pendaftaran akan terintegrasi dengan aplikasi dan website khusus TOD. Sedangkan untuk hunian kepemilikan Rumapadu dapat mendaftar di marketing gallery yang berlokasi di One Bell Park Mall Fatmawati.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya