Imam Besar Istiqlal: Tokoh Lintas Agama Belum Dilibatkan Pemerintah

Ia mengingatkan peran tokoh agama sangat penting di era ini

Jakarta, IDN Times - Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar, menyampaikan pidato dalam upacara memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Masjid Istiqlal pada Rabu (17/8/2022). Nasaruddin menilai, peran tokoh-tokoh agama belum dilibatkan sepenuhnya oleh pemerintah.

"Faktanya, tokoh-tokoh agama masih lebih banyak diundang oleh Kementerian Sosial untuk ikut serta menanggulangi berbagai masalah, tetapi belum pernah atau masih jarang diundang oleh Bappenas yang merumuskan secara konsepsional perencanaan pembangunan yang menyebabkan akibat itu muncul," kata Nasaruddin dalam keterangannya.

1. Imam Besar Masjid Istiqlal mengingatkan peran tokoh agama sangat penting

Imam Besar Istiqlal: Tokoh Lintas Agama Belum Dilibatkan PemerintahNasaruddin Umar, Imam Masjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Ia melanjutkan, bagaimana mungkin para tokoh agama diminta menyelesaikan akibat, sementara tidak pernah dilibatkan ketika merumuskan sebab yang mengakibatkan akibat itu muncul.

"Jangan sampai ada kesan di kalangan tokoh-tokoh agama dianggap bagaikan pemadam kebakaran atau pendorong mobil" tegasnya pada upacara di Masjid Istiqlal.

Nasaruddin mengingatkan, peran tokoh-tokoh agama di dalam negara Pancasila ini sangat penting, terutama dalam era masa krisis seperti yang terjadi dalam tahun-tahun terakhir.

"Bahasa agama kelihatannya jauh lebih efektif daripada bahasa birokrasi pemerintahan di dalam menggaet partisipasi masyarakat dalam masa krisis," katanya.

"Potensi umat beragama tak bisa dilupakan di dalam dunia internasional. Keberhasilan program nasional Keluarga Berencana yang pernah mengantarkan Piagam Penghargaan bertahun tahun dari PBB, dan terakhir program vaksinasi masal menduduki urutan kelima terbanyak di dunia" ujar Nasaruddin.

Baca Juga: Toleransi Beragama, 10 Potret VJ Daniel Mananta Ngobrol Lintas Agama

2. Nasaruddin membahas tentang inflasi Indonesia yang rendah dibanding negara-negara barat

Imam Besar Istiqlal: Tokoh Lintas Agama Belum Dilibatkan PemerintahNasaruddin Umar, Imam Masjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Tak hanya itu, Nasaruddin juga membeberkan perbandingan ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara besar di Barat.

"Kita patut bersyukur dan memuji Tuhan karena Tuhan senantiasa mendengarkan doa dan menghargai jeripaya dan ikhtiyar segenap anak bangsa Indonesia berhasil mengatasi COVID-19 yang kini sudah melemah, inflasi masih terjaga masih di bawah 5 persen," katanya.

"Bandingkan Negara-Negara besar di Eropa dan Amerika inflasinya di atas 50 persen, dan kita masih paling rendah di Asia Tenggara. Ketahanan pangan kita masih terkendali, bahkan sudah swasembada beras tiga tahun terakhir, dan stabilitas keamanan nasional masih terpelihara, masih bisa menjadi negara paling tinggi mensubsidi bahan bakar dan energi di atas Rp500 triliun, pertumbuhan ekonomi quartal kedua tahun ini mencapai 5,44 persen, jauh melampaui negara-negara lainnya" jelasnya.

Baca Juga: Wujud Kerukunan, 5 Destinasi Wisata Religi Lintas Agama di Medan

3. Berbagai lomba diadakan di halaman Masjid IStiqlal, kemarin dan hari ini

Imam Besar Istiqlal: Tokoh Lintas Agama Belum Dilibatkan PemerintahIDN Times/Marisa Safitri

Sementara itu, Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) menggelar upacara kemerdekaan 17 Agustus 2022 ke-77 di halaman Masjid Istiqlal. Semarak kemerdekaan dirangkaikan dengan berbagai lomba di internal BPMI.

Ketua Panitia Mulyono Lodji mengatakan perayaan kemerdekaan dirangkaikan berbagai perlombaan.

"Ada lomba futsal, lomba tenis meja, lomba tarik tambang, lomba panahan, lomba yel-yel, lomba lari karung dan lain-lain" kata Direktur Utama Istiqlal Global Fund (IGF).

Kegiatan kemerdekaan sudah kita mulai dalam seminggu terakhir ini. Tanggal 17 Agustus kemarin dan hari ini adalah puncak seluruh kegiatan perlombaan.

"Selain itu, kita juga menyelenggarakan upacara kemerdekaan yang pertama kalinya di Istiqlal bersama sahabat-sahabat lintas iman, tentu ini adalah bagian dari upaya Istiqlal sebagai sumbu dan pelita perdamaian Indonesia," ujar Mulyono.

4 Sejumlah tokoh lintas agama turut hadir pada upacara kemerdekaan Indonesia di Istiqlal

Imam Besar Istiqlal: Tokoh Lintas Agama Belum Dilibatkan PemerintahMasjid Istiqlal (instagram.com/wikan_d)

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 tersebut diikuti sejumlah pengelola masjid Istiqlal, pelajar dan sejumlah tokoh lintas agama.

Turut hadir dalam upacara kemerdekaan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A, Sekretaris Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat I Ketut Budiasa, Ketua Umum Perwakilan Umat Budha Indonesia Hartati Murdaya dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (Katolik) Kardinal Mgr. Ignatius Suharso.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya