Indonesia Krisis Integritas, Begini Kata Menko PMK 

Kejujuran sudah mahal dan sulit dijumpai

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, saat ini Indonesia sedang krisis integritas atau kejujuran.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara pada kegiatan Studium Generale Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) di Aula Sudirman Pemkab Jember, pada Sabtu (29/10/2022).

Muhadjir pun meminta agar generasi muda menghayati tiga nilai yang terkandung dari Pancasila, yaitu integritas, etos kerja atau kerja keras, dan semangat untuk berkolaborasi atau gotong royong.

"Ini penting sekali, terutama integritas. Saya bisa katakan Indonesia sedang krisis integritas. Begitu mudahnya orang untuk bertindak tidak jujur, dan ketidakjujuran itu seolah sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari," ujar Muhadjir, dikutip dari siaran pers.

Baca Juga: Menko PMK Minta BPOM Awasi Berkala Produksi Obat 

1. Menurut Menko PMK kejujuran sudah mahal dan sulit dijumpai

Indonesia Krisis Integritas, Begini Kata Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Menurut Muhadjir, nilai integritas menjadi yang terpenting untuk ditanamkan pada generasi muda.

Menurutnya, saat ini telah terlihat di banyak kasus dan drama kehidupan yang menunjukkan bahwa kejujuran sudah mahal dan sulit dijumpai.

"Saking seringnya orang sudah tidak sensitif soal jujur itu. Makna kejujuran sudah tidak lagi memiliki makna sensitif dan itu bahaya bagi generasi muda," ujarnya.

Baca Juga: Menko PMK Imbau Anak-anak Setop Sementara Konsumsi Obat Sirop

2. Integritas merupakan sifat-sifat Rasulullah yang wajib dicontoh

Indonesia Krisis Integritas, Begini Kata Menko PMK Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Dok. Kemenko PMK).

Menko PMK juga meminta agar para generasi mudah khususnya di Unmuh Jember untuk menanamkan dan mengamalkan integritas dalam kehidupan.

Dia mengatakan, integritas juga merupakan sifat-sifat Rasulullah Muhammad SAW yang wajib dicontoh bagi kaum muslim.

"Karena Muhammadiyah itu pengikut Muhammad SAW, maka seharusnya mewarisi sifat Rasulullah yaitu sidiq itu jujur, amanah itu dapat dipercaya, tabligh diberikan kepercayaan mengirim sesuai dengan yang sudah diamanahkan, dan fatonah itu cerdas kreatif," jelasnya.

Baca Juga: Menko PMK Sebut Kenaikan Harga BBM Bagian dari Revolusi Mental

3. Mahasiswa juga harus menamkan semangat Sumpah Pemuda

Indonesia Krisis Integritas, Begini Kata Menko PMK Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat acara FEKDI, Senin (11/7/2022). (Dok. Kemenko PMK).

Menko PMK juga menekankan agar mahasiswa menanamkan sifat integritas tersebut dan semangat Sumpah Pemuda, yang baru saja diperingati pada 28 Oktober.

"Saya kira, ini merupakan wujud Sumpah Pemuda. Makna itu adalah untuk menyiapkan generasi muda Indonesia emas 2045 dan itu ada di tangan mahasiswa Unmuh Jember," kata mantan Mendikbud ini. 

Dalam kegiatan itu, hadir pula Bupati Jember, Hendy Siswanto; Ketua BPH Universitas Muhammadiyah Jember, Thohir Luth; Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Hanafi, dan para mahasiswa mahasiswa Unmuh Jember.

Baca Juga: Menko PMK Minta Kapolri Usut Dugaan Tindak Pidana Kasus Gagal Ginjal 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya