Comscore Tracker

Jusuf Kalla Doakan Tjahjo Kumolo Segera Sembuh

Kondisi Tjahjo Kumolo sudah membaik

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo saat ini sedang dalam perawatan intesif di rumah sakit.

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla atau JK, turut mendoakan kesembuhan Tjahyo Kumolo tersebut. Hal itu disampaikan JK dirumahnya, di Jl. Brawijaya 6, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

"Saya sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia menyampaikan doa semoga bapak Tjahyo Kumolo yang sementara dirawat segera sembuh dan dapat kembali seperti biasa," kata JK, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Tanggapi Kondisi Tjahjo Kumolo, Politisi PDIP: Doakan yang Terbaik 

1. Bagi JK, Tjahjo Kumolo sosok pribadi yang baik

Jusuf Kalla Doakan Tjahjo Kumolo Segera SembuhIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bagi JK, Tjahyo Kumolo merupakan sosok pribadi yang baik, secara pribadi maupun dalam pemerintahan. Sehingga JK megajak masyarakat untuk mendoakan agar segera pulih dan bisa menjalankan tugasnya di pemerintahan.

"Insyaallah kita semua mengharapkan seperti itu," tambah mantan Wapres ke-10 dan 12 tersebut.

Seperti diketahui, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini membenarkan bahwa Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo saat ini sedang sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit.

Informasi lain dari putri kandung Tjahyo Kumolo, Rahajeng Widyaswari menuturkan kondisi terkini ayahnya. Ia mengatakan jika kondisi ayahnya sudah membaik dan cenderung stabil. Ia tidak menyebut secara rinci penyakit yang diderita ayahnya tersebut.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Sakit, Mahfud MD Jabat Menpan RB Ad-Interim

2. Tjahjo Kumolo sakit, Kemenpan-RB dipegang oleh Mahfud MD

Jusuf Kalla Doakan Tjahjo Kumolo Segera SembuhMenko Polhukam Mahfud MD (IDN Times/Galih Persiana)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamananan, Mahfud MD, kini juga menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reforfamsi Birokrasi (PAN-RB) Ad-Interim.

Keputusan itu diambil Presiden Joko "Jokowi" Widodo lantaran Menpan RB definitif, Tjahjo Kumolo, sedang sakit. Bahkan, sudah sejak tiga hari terakhir Tjahjo dirawat secara intensif di rumah sakit.

Maka, Mahfud pada Jumat (24/6/2022), langsung memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pegawai Kemenpan-RB. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memberikan pengarahan kepada pegawai non aparatur sipil negara (ASN), tenaga honorer dan outsourcing.

"Betul. Tadi saya sebagai Menko dan Menpan-RB Ad Interim memberikan pengarahan saat rakornas tentang pegawai non-ASN, tenaga honorer dan outsourcing," ungkap Mahfud.

Baca Juga: Waduh! Tjahjo Kumolo Sebut Wakil Menteri Tak Punya Gaji Pokok

3. Tak hadiri Rakernas PDIP, Jokowi sudah menjenguknya

Jusuf Kalla Doakan Tjahjo Kumolo Segera SembuhPresiden Jokowi tiba di acara rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sebelumnya, saat rapat kerja nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Tjahjo Kumolo tampak tidak hadir dalam acara yang digelar selama tiga hari tersebut.

Sementara, menurut Ketua DPP PDIP, Djarot Hidayat, Presiden Jokowi sudah menjenguk Tjahjo di rumah sakit usai menghadiri rakernas PDIP. Namun, ia tak bisa menyampaikan informasi detail soal penyakit dan lokasi di mana Tjahjo dirawat.

"Benar Pak Tjahjo sedang dirawat dan Pak Presiden sudah menjenguk di rumah sakit," ujar Djarot ketika dikonfirmasi pada 21 Juni 2022.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya