Comscore Tracker

Pesan Menag untuk Petugas dan Jemaah Haji Jelang Wukuf di Arafah

Menag berpesan agar petugas dan jemaah menjaga kesehatan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, memberikan pesan khusus kepada petugas dan para jemaah haji menjelang fase puncak, wukuf di Arafah, serta mabit di Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Menag berpesan agar petugas dan jemaah untuk menjaga kesehatan. Sebab, cuaca di Arab Saudi tidak sama seperti di Tanah Air.

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, petugas dan jemaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," pesan Menag di Jeddah, Senin (4/7/2022).

1. Menag melihat pelayanan kepada jemaah calon haji sangat baik

Pesan Menag untuk Petugas dan Jemaah Haji Jelang Wukuf di ArafahMenag Yaqut Cholil Qoumas beri keterangan pers setibanya di Bandara Jeddah. (Dok/Kemenag).

Menag mengaku mengikuti informasi seputar penyelenggaraan ibadah haji. Gus Men, panggilan akrabnya, banyak mendapat informasi tentang kebahagiaan jemaah saat menjalani ibadah haji.

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," tutur Menag.

Gus Men pun menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota Muhammad bin Salman, dan Menteri Haji Arab Saudi. Mereka semua telah memberikan banyak kemudahan yang membuat pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) lebih baik kepada jemaah.

"Di Indonesia, kita juga banyak dibantu oleh Kedubes Arab Saudi sehingga kita bisa memberikan beragam fasilitas agar jemaah bisa beribadah dengan baik dan lancar," katanya.

Baca Juga: Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah Jemaah

Baca Juga: Kisah di Balik Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia

2. Menag berharap petugas tetap melayani jemaah dengan baik

Pesan Menag untuk Petugas dan Jemaah Haji Jelang Wukuf di ArafahMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (dok. Kemenag)

Pesan ini disampaikan Gus Men setibanya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 982 yang membawanya, mendarat di bandara pukul 01.09 waktu Arab Saudi.

"Petugas jangan lupa tetap bertugas sesuai kewajiban, melayani jemaah dengan baik, karena jika jemaah terlayani dengan baik, mereka bisa beribadah dengan baik dan semua mendapat haji mabrur dan mabrurah," kata Menag.

3. Penerbangan jemaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah selesai

Pesan Menag untuk Petugas dan Jemaah Haji Jelang Wukuf di ArafahIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Penerbangan jemaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Minggu, 3 Juli 2022 siang, menandai berakhirnya fase kedatangan.

Total ada 92.668 jemaah haji Indonesia reguler yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci, sejak 4 Juni sampai 3 Juli 2022.

Adapun untuk jemaah haji khusus, masih ada kedatangan dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Penyakit Jantung Dominasi Kasus Kematian Jemaah Haji RI

Baca Juga: DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak Haji

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya