Comscore Tracker

Tragedi Kanjuruhan, Stafsus BPIP: Menghancurkan Nurani Kemanusiaan

Tragedi Kanjuruhan merusak nilai sportivitas dunia olahraga

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan, tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, usai laga Arema vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) malam, menghancurkan peradaban kemanusian.

"Ini tragedi yang menghancurkan nurani kemanusian setiap manusia memiliki nilai martabat. Kekerasan dengan alasan apapun tidak bisa dibenarkan, kerena ini merusak sendi hidup berbangsa, karena negara ini berdasarkan pada nilai Ketuhanan, Kemanusian, Persatuan, Kerakyatan, Keadilan," kata Benny, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Investigasi dan Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan 

1. Tragedi Kanjuruhan merusak nilai sportivitas

Tragedi Kanjuruhan, Stafsus BPIP: Menghancurkan Nurani KemanusiaanSuasana Stadion Kanjuruhan usia laga Arema FC kontra Persebaya. IDN Times/Alfi Ramadana

Benny menegaskan, tragedi tersebut merusak nilai sportivitas di olahraga. "Kekerasan dan fanatisisme buta terhadap pertandingan sepak bola Arema dan Persebaya, menghancurkan keadaban nilai-nilai olahraga, sportivitas, dan jiwa fair play," ujar Benny.

Benny pun turut meminta semua yang terlibat dalam aksi kekerasan tersebut diberi hukuman, agar kekerasan tak lagi mencoreng nama baik dunia olahraga.

"Semua terlibat dalam kekerasan dan mereka yang ikut memprovokasi harus di proses dengan hukuman berat. Jangan kita biarkan kekerasan terus menerus merusak wajah peradababan dunia olahraga," kata Benny.

2. Imbas tragedi Kanjuruhan, Jokowi minta PSSI hentikan sementara Liga 1

Tragedi Kanjuruhan, Stafsus BPIP: Menghancurkan Nurani KemanusiaanPresiden Jokowi rapat dengan sejumlah pemimpin lembaga (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengentikan sementara Liga 1. Hal itu imbas dari tewasnya 129 orang dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Jokowi memerintahkan Menpora, Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk segera melakukan evaluasi.

"Khusus kepada kapolri saya minta investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ucap dia.

3. Tragedi Kanjuruhan, peristiwa terburuk kedua dalam dunia sepak bola

Tragedi Kanjuruhan, Stafsus BPIP: Menghancurkan Nurani KemanusiaanLogo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjatuhkan surat resmi penundaan Liga 1 usai insiden berdarah di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 129 orang. Laga Persib vs Persija yang seyogyanya diadakan Minggu (2/10/2022), akhirnya dibatalkan.

Memang, insiden yang terjadi di Kanjuruhan begitu memilukan. Bahkan, tragedi tersebut masuk ke dalam salah satu kericuhan terburuk dalam sepak bola dunia dan menempati posisi dua usai insiden di Estadio Nacional, Peru.

Baca Juga: Kerusuhan Kanjuruhan, Menpora: Kepercayaan Tak Dijaga, Saya Prihatin

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya