Comscore Tracker

60 Purnawirawan Pendukung Prabowo Berstatus Bintang 1 hingga 4

Deklarasi dilakukan secara sukarela

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon memberikan sebuah unggahan di akun Twitternya @fadlizon, tentang deklarasi dukungan para jenderal purnawirawan TNI kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2019 mendatang.

Dalam unggahannya tersebut, ia mengatakan jika terdapat sekitar 60 purnawirawan TNI memberikan dukungannya kepada Prabowo. Saat dikonfirmasi, Fadli mengungkapkan jika dari ke-60 purnawirawan TNI tersebut, terdapat bintang 1, 2, 3, hingga 4.

1. Deklarasi dilakukan sebulan yang lalu

60 Purnawirawan Pendukung Prabowo Berstatus Bintang 1 hingga 4IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fadli mengungkapkan, ada sekitar 60 purnawirawan TNI mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo sebagai presiden di 2019 mendatang. Dia menyampaikan jika deklarasi tersebut sebenarnya sudah dari sebulan yang lalu, tapi dia baru mengunggahnya hari ini.

"Deklarasi sebenarnya sekitar bulan lalu, tapi memang kita gak ekspose dan kemudian satu persatu menyerahkan menandatangani gitu. Dan banyak tokoh tokoh," kata Fadli.

Menurut Fadli, para purnawirawan TNI yang memberikan dukungan kepada Prabowo berasal dari berbagai matra, yaitu angkatan laur, udara, dan juga darat.

Baca Juga: 60 Purnawirawan TNI Dukung Prabowo di Pilpres, Ini Kata Koalisi Jokowi

2. Mulai dari bintang satu hingga empat ikut deklarasi

60 Purnawirawan Pendukung Prabowo Berstatus Bintang 1 hingga 4IDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam pendeklarasian para purnawirawan TNI itu merekamnya sendiri. Dan 60 purnawirawan TNI tersebut, lengkap dengan pangkat mereka masing-masing. Mulai dari bintang 1, 2, 3, hingga bintang 4.

"Saya hadir di situ saya rekam sendiri, maksudnya pas lagi baca ya saya ekspose saja sebagai bentuk dukungan kan gak apa-apa. Dari 60 ada bintang 1, 2, 3, 4," ujar Fadli.

3. Deklarasi dilakukan secara sukarela

60 Purnawirawan Pendukung Prabowo Berstatus Bintang 1 hingga 4IDN Times/Sukma Shakti

Menurutnya, dukungan para purnawirawan TNI itu bukanlah sesuatu paksaan dari kubu Prabowo. Ia mengatakan bahwa dukungan mereka secara sukarela kepada Prabowo.

"Mereka punya pengalaman teritorial di berbagai tempat, pernah penugasan untuk bergabung memperjuangkan bangsa dan negara menuju kebaikan, dan mereka memilih Pak Prabowo sebagai capres dan presiden 2019. Dan itu dilakukan secara sukarela," jelas Fadli.

4. Purnawirawan TNI yang deklarasi kebanyakan bukan bacaleg dari Gerindra

60 Purnawirawan Pendukung Prabowo Berstatus Bintang 1 hingga 4ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Fadli juga menyampaikan, pada umumnya kebanyakan dari mereka memang bukanlah bakal calon legislatif (bacaleg) dari Gerindra. Namun, hanya satu hingga tiga orang saja yang memang menjadi bacaleg.

"Mereka pada umumnya gak caleg yah. Pada umumnya yang saya tahu. Paling hanya beberapa orang saja. Dua, tiga orang saja," ujarnya.

Baca Juga: Ajak Pensiunan TNI Gabung PDIP, Langkah Jokowi Lawan Prabowo?

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You