9 Anggota Kompolnas Dilantik Jokowi, Termasuk 3 Menteri Ini

Mahfud, Tito, dan Yasonna juga jadi anggota Kompolnas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (19/8/2020) pagi. Ada sembilan anggota Kompolnas yang dilantik oleh Jokowi, termasuk tiga menteri kabinet di dalamnya yaitu Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan. Semua yang hadir wajib mengenakan masker dan pejabat negara yang hadir juga terbatas, antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Baca Juga: Temui Kompolnas, Apa yang Dibahas Kapolri Idham Azis?

1. Sembilan anggota Kompolnas ucap sumpah jabatan di hadapan Jokowi

9 Anggota Kompolnas Dilantik Jokowi, Termasuk 3 Menteri IniPelantikan Keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional di Istana Presiden pada Rabu (19/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pelantikan anggota Kompolnas hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 54/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional. Usai pembacaan Keppres, Jokowi pun mulai memimpin pengucapan sumpah jabatan para anggota Kompolnas.

"Sebelum saudara-saudara diambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara dalam pengangkatan keanggotan Komisi Kepolisian Nasional, saya akan bertanya kepada saudara-saudara. Bersediakah saudara-saudar untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi.

Dengan kompak, anggota Kompolnas menjawab, "bersedia."

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya pada bangsa dan negara," ucap mereka mengikuti kata-kata Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjaga integritas tidakk menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," lanjut mereka.

2. Ini nama 9 anggota Kompolnas yang dilantik Jokowi

9 Anggota Kompolnas Dilantik Jokowi, Termasuk 3 Menteri IniPelantikan Keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional di Istana Presiden pada Rabu (19/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Berikut nama-nama anggota Kompolnas yang baru dilantik Jokowi:

1. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, sebagai ketua merangkap anggota.

2. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai wakil ketua merangkap anggota

3. Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Yasonna Laoly sebagai anggota

4. Benny Jozua Mamoto, mewakili pakar kepolisian sebagai anggota

5. Pudji Hartanto Iskandar, mewakili pakar kepolisian sebagai anggota

6. Albertus Wahyurudhanto, mewakili unsur pakar kepolisian sebagai anggota

7. Yusuf mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota

8. H. Mohammad Dawam mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota

9. Poengky Indarti mewakili tokoh masyarakat sebagai anggota.

3. Kompolnas membantu presiden menetapkan arah kebijakan bagi Polri

9 Anggota Kompolnas Dilantik Jokowi, Termasuk 3 Menteri IniPelantikan Keanggotaan Komisi Kepolisian Nasional di Istana Presiden pada Rabu (19/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, Komisi Kepolisian Nasional bertugas membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Sebagai lembaga negara, Kompolnas dapat biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Kompolnas: Penambahan Personel Polisi di Papua untuk Preventif Saja

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya