Comscore Tracker

9 Kru Kapal Diamond Princess Asal RI Berhasil Sembuh dari Virus Corona

9 kru kapal yang sempat sakit akan dikarantina di Cikarang

Jakarta, IDN Times - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19, dr. Achmad Yurianto mengatakan 9 kru kapal pesiar Diamond Pesiar yang sempat tertular virus mematikan itu berhasil sembuh. Sembilan kru kapal itu tertular virus yang diberi nama Sars-CoV-2 ketika Diamond Princess bersandar di Yokohama, Jepang.

Dari sembilan kru kapal itu, sebanyak 6 orang telah kembali ke Tanah Air. Sementara, 3 kru lainnya yang sembuh belakangan tiba di Indonesia malam ini. 

Pria yang akrab disapa Yuri itu mengatakan pemerintah akan menampung sembilan ABK itu lebih dulu. Rencananya mereka akan dikarantina di Badan Pelatihan Kesehatan Cikarang selama dua pekan. 

"Mereka akan kami tampung dulu sambil menunggu rombongan besarnya (yang berada di Pulau Sebaru Kecil)," kata Yuri di Istana Kepresidenan pada Jumat (13/3). 

Sementara, 69 ABK yang berada di Pulau Sebaru Kecil akan menyelesaikan masa karantina mereka pada akhir pekan ini. Dari 69 kru kapal itu, satu dinyatakan positif tertular virus corona

"Sembilan ABK Diamond Princess yang semula sakit dan dirawat di Jepang, alhamdullilah 9 pulang semua dengan sertifikat sembuh yang diberikan dari rumah sakit di Jepang," ujarnya.

Rencananya, 9 ABK itu akan dipulangkan ke daerah asal bersamaan dengan 69 kru kapal Diamond Princess lainnya yang berada di Pulau Sebaru Kecil. Ikuti terus perkembangan pemberitaan mengenai karantina ABK Diamond Princess hanya di IDN Times ya. 

https://www.youtube.com/embed/IBy85YT3lLM

Baca Juga: [BREAKING] Seorang Kru Kapal Diamond Princess Positif Virus Corona

Topic:

  • Santi Dewi
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya