Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah Massal

Perhatikan rute lalu lintas yang dialihkan ya

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap menggelar acara malam pergantian tahun baru 2019. Acara tersebut akan diselenggarakan sepanjang Jalan Merdeka Barat (Pintu Barat Daya Monas), Jalan MH Thamrin (Bundaran HI), Jalan Jenderal Sudirman, hingga ke Dukuh Atas.

Menurut keterangan tertulis dari Pemprov DKI Jakarta, seluruh rangkaian acara malam tahun baru 2019 itu digelar pada Senin (31/12), dimulai dari pukul 19.00 WIB sampai dengan pukup 24.00 WIB. Kira-kira apa saja rangkaian acara yang akan disajikan oleh Pemprov DKI Jakarta?

1. Pemrov DKI Jakarta menggelar nikah massal dan isbat nikah yang dihadiri oleh 557 pasangan

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah MassalANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pada malam tahun baru 2018 sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melaksanakan kegiatan nikah massal yang digelar di Jalan MH Thamrin. Sama seperti tahun sebelumnya, di malam pergantian tahun 2019 ini, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan nikah massal.

Nikah massal akan dilaksanakan di Lapangan Parkir Thamrin 10. Kali ini, acara nikah massal akan menghadirkan Aa Gym untuk memberikan nasihat tentang pernikahan.

Selain nikah massal, Pemprov DKI Jakarta juga menggelar isbat nikah yang akan dihadiri oleh 336 pasangan. Sementara, pasangan yang akan mengikuti nikah massal sebanyak 221 pasangan. Sehingga, total keseluruhan peserta sebanyak 557 pasangan.

Tidak hanya itu, peserta yang mengikuti acara nikah massal dan isbat nikah tersebut, juga akan mendapatkan bingkisan serta uang sebesar Rp500.000. Warga yang datang pun dapat menikmati Bazar UMKM yang berasal dari perwakilan 44 Kecamatan dan Binaan UMKM (total 70 tenda) yang akan digelar disekitar area depan Lapangan Parkir Thamrin 10.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Targetkan 1.000 Pasangan Ikuti Nikah Massal

2. Nikah massal adalah solusi bagi warga miskin yang tidak memiliki dokumen legal pernikahan

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah MassalANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, nikah massal bisa diikuti oleh warga yang belum menikah atau sudah menikah, tetapi belum punya surat nikah. Ia menilai apabila tidak memiliki surat nikah, maka bisa menimbulkan masalah kependudukan. 

"Salah satu masalah yang dihadapi oleh warga miskin di Jakarta itu adalah mereka-mereka yang tidak memiliki surat-surat status sebagai suami istri dan merepotkan anak-anak untuk sekolah, untuk pengurusan kependudukan. Sehingga hal itu jadi masalah," kata Anies pada tahun lalu. 

Lalu, mengapa nikah massal itu dilakukan pada malam pergantian tahun?

"Biar warga merasakan bahwa upacara resminya dilakukan dan dirayakan oleh warga Jakarta," kata Anies lagi. 

3. Panggung hiburan dan doa bersama juga digelar

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah MassalIDNTimes/Fitang Adhitia

Bukan hanya kemeriahan nikah massal saja yang disajikan oleh Pemprov DKI, panggung hiburan menyambut datangnya pergantian tahun juga akan diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan empat panggung hiburan di malam tahun baru nanti. Panggung hiburan tersebut dimulai dari Pintu Monas Barat Daya hingga ke Bundaran HI.

Selain panggung hiburan, akan ada juga pertunjukan musik di tepi barat dan tepi timur di sepanjang Jalan M.H. Thamrin. Meski Pemprov DKI Jakarta memberikan banyak hiburan di malam pergantian tahun ini, namun tak lupa doa bersama juga akan digelar oleh Pemprov DKI Jakarta untuk para korban yang tertimpa musibah tsunami di sekitar wilayah Selat Sunda.

Doa bersama akan dilakukan pada pukul 24.00 WIB, yang bertempat di panggung utama Bundaran HI. Acara di Bundaran HI tersebut juga akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut agenda Anies pada hari ini, ia akan hadir di Bundaran HI pada pukul 23.30 WIB.

Adapun rincian panggung hiburan yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta sebagai berikut:

1.   Panggung hiburan     :    Bunderan Hotel Indonesia

2.  Panggung hiburan     :    Pintu Masuk Monas Barat Daya

3.  Panggung hiburan     :    Perempatan ujung Jalan  Kebon Sirih

4.  Panggung hiburan     :    Perempatan ujung Jalan  K.H. Wahid Hasyim.

4. Pengalihan arus lalu lintas hari ini

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah MassalPexels.com/ Aayush Srivastava

Agar pelaksanaan acara malam pergantian tahun 2019 di empat titik yang telah ditentukan oleh Pemprov DKI Jakarta memberi kenyaman bagi masyarakat yang datang, maka Pemprov pun mengkondisikan lokasi acara bebas dari kendaraan bermotor. Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas dan menutup jalan di lokasi acara secara bertahap mulai pukul 17.00 WIB hingga 01.00 WIB.

Berikut ruas jalan yang akan ditutup pada hari ini:
• Jl. Majapahit sisi Timur ( Simpang Harmoni) 
• Jl. Museum 
• Jl. Budi Kemuliaan 
• Jl. Kebon Sirih (Simpang Jembatan Serong s/d Simpang Jl. Agus Salim/Sabang) 
• Jl. Wahid Hasyim (Simpang Jl. Mas Mansyur s/d Simpang Jl. Agus Salim/Sabang)
• Jl. Kebon Kacang 
• Jl. Teluk Betung 
• Jl. Medan Merdeka Barat (sisi Barat & Timur) 
• Jl. Medan Merdeka Selatan (sisi Utara dan Selatan) 
• Jl. Jenderal Sudirman (Selatan – Utara ditutup mulai dari depan Gedung BNI 46) 
• Jl. Tanjung Karang (Plaza UOB) 
• Jl. Imam Bonjol (Simpang Jl. Agus Salim/Jl. Pamekasan s.d Bundaran HI – Jl. Blora) 
• Jl. Sunda 
• Jl. Medan Merdeka Selatan (tahap 1 depan Wisma Antara, tahap 2 Kedubes Amerika) 
• Jl. Medan Merdeka Utara (depan Gedung Pertamina) 
• Jl. Veteran 3 
Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang/PKL. 

Sementara, pengalihan lalu lintas meliputi:
• Pengalihan lalu lintas dari Utara – Selatan. Kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju ke Selatan diarahkan/ dialihkan melalui Jl. Juanda – Lap. Banteng – Jl. Pejambon – Jl. Ridwan Rais dan seterusnya.
• Pengalihan lalu lintas dari Selatan – Utara. Kendaraan dari arah Semanggi yg akan menuju ke Utara diarahkan/ dialihkan melalui melalui Jl. Margono Joyohadikusumo – Jl. KH. Mas Mansyur atau Jl. Galunggung dan seterusnya. 
• Pengalihan lalu lintas dari Barat – Timur dan sebaliknya Melalui Jl. Suryo Pranoto – Jl. Juanda – Jl. Pos – Jl. Gunung Sahari – dst atau Jl. Tambak – Jl. Sultan Agung – Jl. Galunggung - dan seterusnya.

5. Bus TransJakarta akan beroperasi selama 24 jam

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah MassalInstagram pt_transjakarta

Bagi para pengunjung yang ingin hadir dalam perayaan acara malam pergantian tahun 2019, khusus Bus TransJakarta Koridor 1 (Blok M – Kota) dan Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni) tetap dapat melayani pelanggan. Pengalihan rute dilakukan secara situasional dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas yang ada.

Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan secara khusus pengelolaan transportasi menuju sejumlah kawasan wisata untuk menyambut antusiasme warga yang akan menghabiskan waktu menyambut pergantian tahun di luar rumah. Hal itu ditunjukkan dengan kesiapan TransJakarta yang akan beroperasi selama 24 jam, rencana parkir kendaraan, dan menyiagakan petugas piket/posko di kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, setiap Sudinhub, Unit Pengelola Terminal, dan juga Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas (SPLL) selama 24 jam. 

Selain itu, TransJakarta juga akan menambah jumlah bus yang beroperasi di koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu), dan koridor 7 (Kampung Rambutan-Ancol). Total keseluruhan TransJakarta akan ditambah sebanyak 126 unit, khususnya pada malam pergantian tahun baru nanti. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelanggan TransJakarta.

Informasi akses menuju lokasi wisata dengan Bus TransJakarta bisa diperoleh melalui aplikasi www.trafi.com/id/jakarta. Adapun bagi masyarakat yang ingin berkeliling kota Jakarta dapat memanfaatkan layanan bus tingkat secara cuma-cuma, terdapat tujuh layanan, yaitu:
1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda;
2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;
3. Art and Culinary (BW3) memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota;
4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda;
5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota;
6.  Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok;
7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

6. Dasar hukum perayaan malam tahun baru

Acara Malam Tahun Baru di Jakarta: Car Free Night hingga Nikah Massalpixabay.com/nickgesell

Perayaan pergantian malam tahun baru 2019 yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta memiliki dasar hukum. Dasar hukum penyelenggaraan acara ini adalah Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 125 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Acara Malam Pergantian Tahun Baru 2019.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menginformasikan kepada pengelola gedung-gedung sekitar Jalan M.H Thamrin melalui Surat Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2228/-1.855.1 tanggal 28 Desember 2018 hal Pemberitahuan Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2019.

 

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2019, Lalu Lintas di Puncak Bogor Macet

Topik:

Berita Terkini Lainnya