Ahok Bebas Besok, Ini Kata Jokowi

Apakah Jokowi akan bertemu Ahok?

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang akrab disapa Ahok, akan menghirup udara bebas, Kamis (23/1) besok, setelah mendekam di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, selama hampir dua tahun.

Ahok bebas setelah divonis dua tahun penjara karena kasus penistaan agama. Ahok pun bebas murni dan tidak menggunakan fasilitas pembebasan bersyarat. 

Bagaimana tanggapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo terkait bebasnya Ahok?

1. Jokowi sebut Ahok sudah menjalani proses hukum

Ahok Bebas Besok, Ini Kata JokowiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mendengar kabar Ahok akan segera bebas, Jokowi mengatakan, selama ini Ahok memang sudah menjalani proses hukum. Sehingga, setelah keluar nanti, semua diserahkan kepada Ahok akan melakukan apa.

"Ini kan Pak Ahok sudah menjalani proses hukum. Pak Ahok juga sudah menjalani hukuman, dan besok sudah bebas. Ya terserah Pak Ahok," kata Jokowi di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

2. Jokowi belum punya rencana bertemu Ahok

Ahok Bebas Besok, Ini Kata JokowiANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras.

Saat ditanya apakah Jokowi memiliki rencana untuk bertemu Ahok, ia menjawab, "Belum ada rencana (bertemu Ahok)."

Terkait rencana arah politik Ahok usai bebas nanti, Jokowi tak ingin ikut campur. Ia menyerahkan semua keputusan kepada Ahok. 

"Ya terserah Pak Ahok lah, terserah Pak Ahok," jawabnya singkat.

3. Djarot minta masyarakat doakan Ahok bebas dalam keadaan sehat

Ahok Bebas Besok, Ini Kata JokowiANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan agar masyarakat selalu mendoakan agar Ahok bebas dalam keadaan sehat. Rupanya, Djarot sebelumnya sudah bertemu Ahok terlebih dulu, Hari Minggu lalu.

"Doain saja Beliau dan sudah bebas murni ya, sudah memenuhi kewajibannya ditahan dua tahun. Besok alhamdulillah bebas. Dan Beliau sehat lahir dan batin. Saya terakhir ketemu beliau hari Minggu," jelas Djarot di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya