Comscore Tracker

AHY dan Airlangga Punya Kans Besar Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024

Bagaimana dengan Erick Thohir?

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indonesia Politican Review (IPR) Ujang Komarudin menilai Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpeluang menjadi kuda hitam di Pilpres 2024.

Menurut Ujang, peluang tersebut ada karena keduanya berasal dari partai besar. Sehingga, sudah memiliki kendaraan untuk maju di Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei: Prabowo-Puan Paling Ideal, Disusul Ganjar-Erick dan Anies-AHY

1. AHY berpeluang jadi kuda hitam karena berada di oposisi dan politikus muda

AHY dan Airlangga Punya Kans Besar Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (tengah) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai rapat dengan Ketua DPD Partai Demokrat se-Indonesia terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, Jakarta, Minggu (7/3/2021). Dari hasil rapat tersebut seluruh Ketua DPD Demokrat di 34 Provinsi menolak KLB yang berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara dan tetap mendukung AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Nama AHY memang masuk dalam bursa calon presiden di Pilpres 2024. Meski elektabilitasnya belum tinggi, namun Ujang meyakini bahwa putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini bisa berpeluang menjadi kuda hitam.

"Mungkin AHY bisa jadi kuda hitam. Karena dia dari partai oposisi dan bagian dari politisi muda," ujar Ujang saat dihubungi IDN Times, Sabtu (12/6/2021).

Selain nama AHY, nama Airlangga Hartarto juga kerap masuk dalm bursa capres. Ujang menilai Airlangga bisa menjadi kuda hitam lantaran ia menjadi pimpinan partai besar.

2. Erick tidak berpeluang jadi kuda hitam karena tak miliki partai

AHY dan Airlangga Punya Kans Besar Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. Kementerian BUMN)

Nama Menteri BUMN Erick Thohir sempat juga digadang-gadang bisa berpeluang jadi kuda hitam. Tetapi, Ujang tak sependapat. Menurutnya, peluang Erick masih kalah jauh dengan Airlangga.

"Mungkin Airlangga yang akan jadi kuda hitam. Erick Thohir gak punya partai," ucap dia.

Baca Juga: Top 5 Menteri Jokowi yang Kinerjanya Bikin Puas Masyarakat

3. Jika elektabilitas Erick semakin turun, tidak akan ada partai yang mengusung

AHY dan Airlangga Punya Kans Besar Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2024(Menteri BUMN Erick Thohir) ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Meski begitu, Ujang menyebut Erick masih memiliki peluang untuk maju di Pilpres 2024. "Maksimal dia mungkin ingin maju cawapres. Itu pun tergantung dari elektabilitasnya," imbuhnya.

Peluang itu tergantung elektabilitas Erick yang akan jadi daya jualnya terhadap partai yang mau meminangnya jadi calon. "Namun jika elektabilitasnya stagnan atau turun, sulit ada partai tuk meminangnya," jelas Ujang.

Baca Juga: Survei IndEX: Elektabilitas Ganjar Kejar Prabowo 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya