Comscore Tracker

Akan Lakukan Bom Bunuh Diri, 10 Terduga Teroris Ditangkap di Merauke

Ditangkap di beberapa lokasi sekitar Merauke

Jakarta, IDN Times - Tim Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap 10 orang terduga teroris di Merauke, Papua. Ke-10 orang terduga teroris itu ditangkap setelah sebelumnya diduga hendak melakukan bom bunuh diri.

Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji mengatakan, 10 orang tersebut telah diamankan sejak Jumat (28/5/2021) kemarin.

Baca Juga: Teroris Tantang Perang Pasukan TNI-Polri di Muara Puncak Papua

1. Ditangkap di beberapa lokasi sekitar Merauke

Akan Lakukan Bom Bunuh Diri, 10 Terduga Teroris Ditangkap di MeraukeIlustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Untung menjelaskan, 10 orang tersebut diduga hendak melakukan aksi bom bunuh diri di sejumlah gereja yang ada di Merauke, Jagebob, Kurik, Semangga, dan Tanah Miring. Namun, karena anggota sudah bersiaga, maka aksi mereka tidak bisa terwujud.

Ketika ditanya kelompok itu berasal dari mana, Kapolres Merauke meminta agar bersabar menunggu informasi selanjutnya karena polisi masih bekerja.

"Yang pasti mereka diamankan dari beberapa lokasi di sekitar Merauke," ucap Untung seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (29/5/2021).

2. Densus 88 juga telah menangkap terduga teroris di Sukabumi

Akan Lakukan Bom Bunuh Diri, 10 Terduga Teroris Ditangkap di MeraukeIlustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Sebelumnya, Densus 88 telah menangkap seorang terduga teroris yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) berinisial YI. YI merupakan satu dari delapan terduga teroris yang ditetapkan sebagai DPO atau buron pada April 2021.

Delapan terduga teroris ini merupakan pengembangan penangkapan di wilayah Condet, Jakarta Timur dan Bekasi.

“Ada penangkapan DPO oleh Satgas Wilayah DKI Jakarta atas nama YI, Kamis 6 Mei 2021,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Ahmad menjelaskan, terduga teroris berinisial YI merupakan warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ia ditangkap di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

“Ia berperan sebagai ketua tim pengamanan Petamburan,” kata Ramadhan.

YI, menurut Ramadhan, ikut merencanakan dan membuat bom di rumah Husein Hasni, ikut dalam percobaan bom di Ciampea Bogor, dan mengetahui pembelian remote serta aseton.

“Selanjutnya tersangka akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk diintrogasi,” ujar Ahmd.

3. Kapolri minta negara jangan sampai kalah dari teroris

Akan Lakukan Bom Bunuh Diri, 10 Terduga Teroris Ditangkap di MeraukeKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021) (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Mengenai isu terorisme, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan kepada seluruh personel TNI-Polri yang bertugas di Satgas Madago Raya, Sulawesi Tengah (Sulteng). Mereka meminta agar semua terus berjuang mengejar kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Dalam pengarahan dan motivasinya, Sigit menekankan agar Satgas Madago Raya terus melakukan penegakan hukum kepada anggota MIT yang tersisa sembilan orang. Menurutnya, negara tidak akan kalah dengan kelompok terorisme.

"Negara tidak boleh kalah dari kelompok terorisme, tidak ada tempat bagi kelompok terorisme," kata Sigit dalam siaran tertulis, Sabtu (29/5/2021).

Sigit memastikan, kehadiran Satgas Madago Raya bertujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal itu juga perlu peningkatan peran serta dari seluruh elemen masyarakat khususnya di Sulteng.

Operasi Madago Raya ini sudah merupakan tahap yang II, sejak 1 April hingga 30 Juni 2021. Satgas Madago Raya melibatkan 808 personel TNI-Polri.

"Optimalkan peran setiap unit tugas, tingkatkan soliditas dan sinergitas pada masing-masing unit Satgas, dan hilangkan ego sektoral antar satgas," tegas Sigit.

Baca Juga: Masuk DPO, Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukabumi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya