Alasan Bali Dipilih sebagai Tempat Pertemuan Forum Bencana PBB 2022

Untuk mempromosikan wisata Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipilih menjadi tuan rumah forum internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang dibentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Acara yang digelar pada tahun 2022 tersebut akan diselenggarakan di Bali.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa dipilihnya Bali sebagai lokasi pertemuan guna meningkatkan perekonomian di daerah wisata tersebut. Sebab, perekonomian di Bali merosot lantaran pandemik COVID-19 yang tengah melanda dunia.

1. Pemerintah memilih Bali untuk kembali meningkatkan sektor pariwisata

Alasan Bali Dipilih sebagai Tempat Pertemuan Forum Bencana PBB 2022Ilustrasi wisata Bali (IDN Times/Mela Hapsari)

Muhadjir menyampaikan, Presiden Jokowi memang meminta jajarannya untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya sebagai tuan rumah. Alasannya, konferensi internasional ini bisa dijadikan momentum untuk mempromosikan wisata Indonesia.

"Kita harapkan nanti saat hal itu dilakukan, era pandemi COVID sudah masuk akhir, dan kita mulai bergerak cepat untuk memulihkan kondisi ekonomi khususnya di sektor pariwisata. Karenanya kita memilih Bali. Dan mereka akan diarahkan untuk mengikuti kegiatan wisata," kata Muhadjir dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/10/2020).

Baca Juga: Dekan FEB Unud: Bali Tidak Bisa Melawan Musuh yang Tidak Pasti

2. Para peserta GPDRR juga akan diajak ke Lombok

Alasan Bali Dipilih sebagai Tempat Pertemuan Forum Bencana PBB 2022Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers di komplek Istana Negara pada Senin. (13/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, kata Muhadjir, para peserta juga akan diajak melihat praktik penanganan bencana di lapangan. Nantinya, tempat yang dipilih tidak akan jauh dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Sehingga tak terlalu sulit mengajak peserta pertemuan untuk meninjau langsung di lapangan," jelasnya.

3. Persiapan jadi tuan rumah GPDRR dimulai saat ini

Alasan Bali Dipilih sebagai Tempat Pertemuan Forum Bencana PBB 2022Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers di komplek Istana Negara pada Senin. (13/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Pada intinya, lanjut Muhadjir, Indonesia sudah siap melaksanakan pertemuan global itu. Dia menyampaikan, persiapannya bahkan sudah dimulai dari sekarang.

"Kita akan belajar pengalaman mengelola event internasional yang sudah dikelola Indonesia. Dan kita dapat apresiasi internasional. Itu akan kita jadikan bahan pengalaman dalam menyelenggarakan event internasional kali ini," ucapnya.

Baca Juga: Pembukaan Wisata Bali Bali Tahap 3 Masih Terganjal Peraturan Menkumham

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya