Ini Alasan PSI Laporkan Penyebar Spanduk LGBT ke Bawaslu

PSI membantah pernah mengeluarkan spanduk hargai hak LGBT

Jakarta, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaporkan spanduk mereka yang terpampang terkait LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian RI. Spanduk LGBT yang mengatasnamakan PSI itu beredar di beberapa titik, seperti halte bus Trans Jakarta dan pinggiran jalan di Jakarta.

Lalu, apa alasan PSI melaporkan penyebar spanduk tersebut?

1. PSI merasa harus klarifikasi bahwa tidak pernah mengeluarkan pernyataan menghargai hak LGBT

Ini Alasan PSI Laporkan Penyebar Spanduk LGBT ke Bawaslu(Spanduk PSI) www.instagram.com/@rajaantoni

Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest menyampaikan pemasangan spanduk itu cukup menimbulkan polemik. Menurutnya, setelah DPW PSI melakukan pengecekan, tidak pernah ada perwakilan dari PSI yang memasang spanduk tersebut.

"Kami harus segera klarifikasi dan kami juga minta tolong ke teman-teman penegak hukum di Gakumdu buat menindaklanjuti. Karena memang ini ada pidananya di Pemilu," kata Rian saat dihubungi IDN Times, pada Kamis (31/1).

"Ini bisa jadi menghasut masyarakat bahwa PSI hargai hak LGBT gitu. Padahal PSI sebagai partai tidak pernah mengeluarkan statement itu," katanya melanjutkan. 

Baca Juga: Jokowi Hadiri Perayaan Ulang Tahun ke-4 Partai Solidaritas Indonesia

2. PSI menduga motif penyebar spanduk untuk menyerang secara politik

Ini Alasan PSI Laporkan Penyebar Spanduk LGBT ke BawasluIDN Times/Bela Ikhsan As'at

Adapun dugaan PSI terkait penyerangan melalui isu sensitif tersebut, kata Rian, karena selama ini PSI memiliki misi untuk memerangi korupsi. Rian menduga, banyak pihak yang tidak suka dengan misi itu, sehingga selalu menyerang PSI dengan isu sensitif.

"Cara 'memenggal' PSI bisa dengan banyak cara sebenernya. Tapi secara elektoral, secara politik, ya itu difitnah aja dengan isu sensitif. Makanya, isu bahwa PSI ini PKI lah, anti agama, dan sebagainya ini akan terus menerus digulirkan oleh para lawan politik yang tidak nyaman dengan kehadiran PSI," kata dia. 

3. PSI tak khawatir elektabilitas tergerus akibat spanduk

Ini Alasan PSI Laporkan Penyebar Spanduk LGBT ke BawasluInstagram.com/@rianernest

Terkait dengan apakah PSI takut elektabilitasnya tergerus karena penyebaran spanduk itu, Rian mengaku parpol tempatnya bernaung tidak terlalu memikirkan elektabilitas. Baginya, klarifikasi menjadi alasan utama pelaporan si penyebar spanduk tersebut.

"Kami cuma melakukan klarifikasi dan kami meminta siapa pun yang melakukan ini harus diusut, karena kan menurut kami ini permainan kotor politik," jelas Rian.

4. PSI masih terus mencari pelaku penyebaran spanduk LGBT

Ini Alasan PSI Laporkan Penyebar Spanduk LGBT ke BawasluGrace Natalie menyambut Presiden Joko Widodo ketika tiba. (Partai Solidaritas Indonesia)

Saat ditanya soal identitas penyebar spanduk itu, PSI mengaku masih belum mengetahuinya. Walau begitu, partai yang digawangi oleh Grace Natalie itu tetap akan mencari pelaku penyebaran spanduk LGBT tersebut. 

"Karena dugaan kami, dipasang dini hari, dan gak ada saksi yang melihat juga. Kami sih sekarang lagi cari kiri kanan untuk mencari siapa pelakunya. Tapi kami gak ada gambaran sih," ungkap Rian. 

Baca Juga: Kebohongan Award Dianggap Alay, Begini Reaksi PSI

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya