Alasan SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di Amerika Serikat

SBY terkena kanker prostat stadium awal

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), telah tiba di Amerika Serikat (AS) untuk melakukan pengobatan kanker prostat stadium awal yang dideritanya. Kepala Badan Komunikasi Strategis Parta Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan saat ini SBY dalam kondisi yang baik.

“Alhamdulillah, kondisi Bapak SBY saat ini dalam keadaan baik. Terima kasih untuk doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia. Sebagai informasi, beliau sudah tiba di Amerika Serikat kemarin siang. Hanya, bermalam dulu sebelum menuju kota tempat rumah sakitnya berada,” ujar Zaky ini dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/11/2021).

1. AS dinilai punya pengalaman panjang dan teknologi maju untuk tangani kanker prostat

Alasan SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di Amerika SerikatANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Adapun alasan SBY berobat di AS karena telah berkonsultasi dengan para tim dokter dan urolog senior. AS dinilai miliki pengalaman panjang untuk tangani kanker prostat.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di Amerika Serikat yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” jelas dia.

Baca Juga: SBY Kena Kanker Prostat hingga Menteri-Menteri Jokowi Berbisnis PCR?

2. Demokrat akan informasikan lebih jauh soal tindakan kesehatan yang dilakukan SBY

Alasan SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di Amerika SerikatSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Terkait tindakan kesehatan apa yang akan dijalani SBY, Zaky menyebut hal itu akan diinformasikan lebih lanjut. Sebab, informasi tersebut menyangkut etika kesehatan.

“Kita menunggu update lebih lanjut. Karena menyangkut tindakan kesehatan, tentu informasi tersebut tidak bisa disampaikan secara sembarangan atau terbuka karena menyangkut etika kesehatan,” tuturnya.

3. SBY terkena kanker prostat stadium awal dan akan jalani pengobatan di Amerika Serikat

Alasan SBY Jalani Pengobatan Kanker Prostat di Amerika SerikatKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Sebelumnya, staf pribadi SBY, Ossy Ossy Dermawan, menyampaikan bahwa Presiden ke-6 RI itu didiagnosa terkena kanker prostat stadium awal. Akibat kondisi kesehatannya itu, SBY pun akan menjalani perawatan di luar negeri.

"Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer). Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," ujar Ossy dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

Ossy menyebut tim dokter kepresidenan menyimpulkan semua opsi terbuka untuk mengobati penyakit yang diderita SBY. Dari hasil kesepakatan, SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ucapnya.

Baca Juga: SBY Idap Kanker Prostat, Megawati Minta Diberikan Perawatan Terbaik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya