Ambil Nomor Urut, Jokowi-Ma'ruf Longmarch dari Tugu Proklamasi ke KPU

Bakal ada kejutan dari Jokowi-Ma'ruf. Kira-kira apa ya?

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan mengambil nomor urut untuk Pilpres 2019. Pengambilan nomor urut tersebut dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pukul 20.00 WIB.

Sebelum pengambilan nomor urut, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Jokowi-Ma'ruf akan mengadakan longmarch yang bertitik awal di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf sekitar Tugu Proklamasi, dan berakhir di Gedung KPU Pusat.

Hasto mengatakan dalam acara hari ini, akan ada element of surprise yang telah disiapkan oleh ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir.

1. Jokowi-Ma'ruf akan berkumpul di Rumah Aspirasi dan longmarch ke KPU

Ambil Nomor Urut, Jokowi-Ma'ruf Longmarch dari Tugu Proklamasi ke KPUANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Hasto menyampaikan, sebelum pasangan calon menuju KPU, nanti pasangan calon akan berkumpul di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf yang berada di Jalan Proklamasi 46, Jakarta Pusat. Tidak hanya pasangan calon, tetapi para ketua umum partai koalisi Jokowi-Ma'ruf juga akan hadir.

Jokowi-Ma'ruf dijadwalkan hadir di Rumah Aspirasi pada pukul 18.30 wib. Setelah berkumpul di Rumah Aspirasi, maka pasangan calon beserta para ketua umum akan berangkat ke KPU pada pukul 19.00 wib.

"Besok berkumpul di Rumah Aspirasi dari Jalan Proklamasi 46. Di Rumah aspirasi itu lah pemimpin Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf itu hadir," kata Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

2. Pakaian Jokowi-Ma'ruf menjadi bagian dari kejutan

Ambil Nomor Urut, Jokowi-Ma'ruf Longmarch dari Tugu Proklamasi ke KPUMa'ruf Amin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Untuk pakaian yang akan digunakan Jokowi-Ma'ruf sendiri, Hasto enggan berkomentar banyak. Menurutnya, itu menjadi salah satu kejutan yang akan diberikan nanti malam.

"Itu bagian dari element of surprise, baju apa yang digunakan selalu ada terobosan dari Pak Jokowi," terang Hasto.

3. Relawan akan menunggu di Tugu Proklamasi

Ambil Nomor Urut, Jokowi-Ma'ruf Longmarch dari Tugu Proklamasi ke KPUDok. IDN Times/Istimewa

Tentang pengerahan para relawan, Hasto mengaku akan mengikuti aturan KPU yang tidak diperbolehkan membawa massa saat pengambilan nomor urut. Nantinya, para relawan akan menunggu di Tugu Proklamasi.

"Kami tidak ingin mengganggu ketertiban umum karena itulah kami tidak mengerahkan massa. Kami berkumpul di Rumah Aspirasi, kemudian kami menunggu di Tugu Proklamasi," ujar dia.

Baca Juga: Khofifah dan Emil Dardak Resmi Masuk Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

4. Usai dari KPU, Jokowi-Ma'ruf akan kembali ke Tugu Proklamasi

Ambil Nomor Urut, Jokowi-Ma'ruf Longmarch dari Tugu Proklamasi ke KPUANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Usai mengambil nomor urut, pasangan calon berserta ketua umum partai politik dan para sekretaris jenderal akan kembali ke Tugu Proklamasi. Di sana nantinya, Jokowi-Ma'ruf akan kembali menegaskan diri dalam memimpin Indonesia.

"Untuk menegaskan komitmen Jokowi-Ma'ruf Amin bahwa kemerdekaan RI ini harus benar-benar diisi dengan perjuangan kita bersama untuk mewujudkan cita-cita makmur dan adil," ungkap Hasto.

Penasaran apa kejutan yang akan diberikan Jokowi-Ma'ruf sore nanti? Baca terus berita-berita terkait di IDN Times ya.

Baca Juga: Risma Kaget Ditunjuk Sebagai Korwil Timses Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya