Comscore Tracker

Soal Pilpres 2019, Ini Jawaban Ketua PP Muhammadiyah ke Amien Rais

Muhammadiyah diminta tentukan sikap politik

Jakarta, IDN Times - Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan tidak ada yang aneh dari pernyataan Amien Rais yang meminta Muhammadiyan segara menentukan sikap politiknya menjelang Pilpres 2019.

1. Warga Muhammadiyah dan Haedar tak akan tersinggung dengan perkataan Amien

Soal Pilpres 2019, Ini Jawaban Ketua PP Muhammadiyah ke Amien RaisIDN Times/Vanny El Rahman

Anwar menyampaikan bahwa warga Muhammadiyah juga tidak akan tersinggung terhadap ucapan Amien Rais. "Jadi kalau beliau berkata demikian, maka umumnya warga Muhammadiyah tidak akan ada yang merasa tersinggung, termasuk saya yakin Pak Haedar sendiri," kata Anwar saat dihubungi wartawan, Rabu (21/11).

Baca Juga: Ultimatum Muhammadiyah Satu Suara, Amien Rais Disebut Sedang Gelisah

2. Warga Muhammadiyah tak mudah dipengaruhi

Soal Pilpres 2019, Ini Jawaban Ketua PP Muhammadiyah ke Amien RaisIDN Times/Vanny El Rahman

Kemudian, kata Anwar, mengenai masalah ketegasan dalam bersikap di Pilpres 2019, setiap individu pasti memiliki sikap masing-masing. Dan itu tidak akan mudah dipengaruhi.

"Saya rasa tidak mudah (dipengaruhi), karena umumnya warga Muhammadiyah itu adalah orang-orang yang terdidik, sehingga mereka sudah punya pandangan di mana pandangan mereka itu tidak mustahil adalah sama dengan pandangan Pak Amien Rais itu sendiri," terang dia.

3. Yang netral adalah organisasinya, anggota memiliki sikap politik masing-masing

Soal Pilpres 2019, Ini Jawaban Ketua PP Muhammadiyah ke Amien RaisANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lebih lanjut, Anwar menegaskan bahwa yang netral adalah organisasinya. Namun, untuk para anggota harus memiliki sikap politik masing-masing.

"Jadi yang netral itu adalah organisasinya, kalau anggotanya tidak boleh tidak bersikap. Jadi Pak Haedar bicara dalam ranah organisasi, sementara Pak Amien bicara dalam ranah pribadi dari anggota Muhammadiyah," ungkapnya.

Baca Juga: Amien Rais: Muhammadiyah Tak Bersikap di Pilpres, Saya Jewer Haedar

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya