Amien Rais Siap Nyapres, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Jokowi mendukung keputusan Amien Rais untuk nyapres

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengklaim dirinya layak diusung sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Keyakinan Amien tersebut karena melihat pengalaman Mahathir Muhammad yang berhasil kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia meski usianya sudah 92 tahun.

"Kalau Mbah Amien Rais ini kan, walaupun tua, ya tidak apa-apa. Begitu juga Mahathir. Jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya terimakasih Pak Mahathir," kata Amien di Rumah Dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). 

Mendengar pernyataan Amien tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo pun memberikan tanggapannya. Menurut Jokowi, Amien Rais memiliki pengalaman yang cocok untuk mencalonkan diri di Pilpres 2019.

1. Jokowi mendukung Amien maju Pilpres 2019  

Amien Rais Siap Nyapres, Ini Tanggapan Presiden JokowiTwitter/@kemensetnegri

Dilansir dari Antara, Jokowi berpendapat bahwa Amien Rais adalah sosok yang dikenal dan tidak diragukan lagi. Dia pun mendukung jika Amien mencalonkan diri kembali di Pilpres 2019.

"Saya kira sangat bagus, karena kita tahu beliau seorang tokoh politik yang saya kira tidak diragukan lagi," kata Jokawi di Istana Bogor, Selasa (12/6).

2. Amien Rais miliki pengalaman politik yang panjang

Amien Rais Siap Nyapres, Ini Tanggapan Presiden JokowiTwitter/@kemensetnegri

Bahkan, menurut Jokowi, Amien memiliki pengalaman politik yang cukup mumpuni. Begitu juga dengan kapabilitas dan kepemimpinannya yang tidak diragukan lagi.

"Rekam jejak beliau juga saya kira gak ada yang meragukan. Saya kira sangat bagus untuk berikan alternatif pilihan-pilihan dalam rangka pilpres ke depan," lanjutnya.

3. PAN tidak kekurangan kader yang layak di Pilpres 2019  

Amien Rais Siap Nyapres, Ini Tanggapan Presiden JokowiTwitter/@kemensetnegri

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menerangkan bahwa apa yang disampaikan oleh Amien Rais tersebut, dalam konteks menyampaikan jika PAN tidak kekurangan kader yang layak untuk maju di Pilpres 2019.

"Jadi bukan mencalonkan diri, tidak. Tapi beliau itu menyampaikan kepada media, bahwa banyak lho yang mampu untuk maju di Pilpres 2019," ujar Eddy kepada IDN Times, Senin (11/6).

Lanjut Eddy, calon-calon kandidat yang dimaksud oleh Amien Rais tersebut adalah Ketua Umum PAN saat ini dan juga mantan Ketua Umum PAN terdahulu.

"Antaranya Pak Zulhas (Zulkifli Hasan), Pak Hatta (Hatta Rajasa), Pak Soetrisno Bachir, dan Pak Amien sendiri. Yang disebutkan adalah mantan ketua umum, plus ketua umum kali ini," tambahnya.

Baca Juga: Amien Rais akan Nyapres, PDIP: Sejak Dulu Ingin Jadi Presiden

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya