Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas

Amien Rais ingin mencontoh kesuksesan Mahathir Muhammad

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengklaim dirinya cukup layak diusung sebagai calon presiden oleh PAN di Pilpres 2019. Keyakinan Amien tersebut karena melihat pengalaman Mahathir Muhammad yang berhasil kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia, meski usianya sudah 92 tahun.

"Kalau Mbah Amien Rais ini kan, walaupun tua, ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir. Jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya terimakasih Pak Mahathir," kata Amien di Rumah Dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). 

1. Amien: PAN tidak kekurangan kader yang layak untuk Pilpres 2019  

Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menerangkan bahwa apa yang disampaikan oleh Amien Rais tersebut, dalam konteks menyampaikan jika PAN tidak kekurangan kader yang layak untuk maju di Pilpres 2019.

"Jadi bukan mencalonkan diri, tidak. Tapi beliau itu menyampaikan kepada media, bahwa banyak lho yang mampu untuk maju di Pilpres 2019," ujar Eddy kepada IDN Times, Senin (11/6).

Lanjut Eddy, calon-calon kandidat yang dimaksud oleh Amien Rais tersebut adalah Ketua Umum PAN saat ini dan juga mantan Ketua Umum PAN terdahulu.

"Antaranya Pak Zulhas (Zulkifli Hasan), Pak Hatta (Hatta Rajasa), Pak Soetrisno Bachir, dan Pak Amien sendiri. Yang disebutkan adalah mantan ketua umum, plus ketua umum kali ini," tambahnya.

2. Politik tidak dibatasi usia  

Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas

Menurut Eddy, ketika Amien menyinggung tentang keberhasilan Mahathir di Malaysia, Amien hanya ingin menekankan bahwa di dalam berpolitik tidak dibatasi oleh umur. Termasuk Amien yang usianya telah mencapai 74 tahun.

"Yang ditekankan oleh Pak Amien itu, di politik itu tidak ada kata pensiun, satu. Kedua, usia bukan halang prestasi. Lebih kepada situ pernyataannya," terang Eddy.

3. Capres dari PAN akan menunggu Rakernas 2018  

Amien Rais Siap Nyapres, PAN: Tunggu Rakernas

Terkait dengan PAN akan mencalonkan siapa di Pilpres 2019, Eddy mengatakan jika keputusannya hanya ada di Rakernas 2018 yang akan digelar pada bulan Juli mendatang. Selagi menunggu keputusan Rakernas nanti, PAN masih tetap mengikuti hasil Rakernas 2017 yaitu mendukung Zulkfi Hasan sebagai capres di Pilpres 2018.

Kalau kami merujuk kepada Rakernas 2017, yang memang sudah ditetapkan oleh partai menjadi kandidat capres adalah Pak Zulhas. Kalau ada perubahan atau evaluasi di posisi tersebut, akan kami putuskan di Rakernas 2018 bulan Juli yang akan datang," ucap dia.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya