Anies: Anggaran Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Urusan Kemen PUPR

Pemprov DKI hanya membantu untuk berkomunikasi dengan warga

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan negosiasi pembebasan lahan untuk sodetan Sungai Ciliwung sudah dilakukan. Masalah pembebasan lahan tinggal menunggu anggaran dari Kementerian PUPR.

Anies menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya membantu untuk berkomunikasi dengan warga. Sementara, pengerjaannya masuk ke ranah Kementerian PUPR.

1. Negosiasi Pemprov DKI Jakarta sudah masuk tahap appraisal atau penilaian harga tanah

Anies: Anggaran Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Urusan Kemen PUPR(Bantaran Kali Ciliwung) IDN Times/Lazuardi Putra

Anies menyampaikan, pada pertengahan Desember tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan komunikasi dengan warga. Saat ini, kata dia, sudah masuk tahap appraisal atau penilaian harga tanah.

“Sekarang kita mulai fase untuk appraisal, sesudah appraisal itu kemudian transaksi untuk tanahnya. Dengan itu sudah tuntas, nanti InsyaAllah PUPR bisa langsung memberikan pembayaran, kemudian mulai penggarapan,” ujar Anies di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).

Baca Juga: Jokowi Minta Anies Cepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai

2. Masalah pembayaran lahan diserahkan kepada Kementerian PUPR

Anies: Anggaran Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Urusan Kemen PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Untuk target pengerjaannya, Anies menyerahkan hal itu kepada Kementerian PUPR. Ia menambahkan, masalah pembayaran lahan akan diselesaikan oleh kementerian yang digawangi Basuki Hadimuljono ini.

“Pembayarannya dengan PUPR. Kami ini membantu dengan warganya. Ini kan APBN bukan APBD. Jadi pembelian tanahnya pun oleh Kementerian PUPR. Jadi kita ini fasilitator. Pembelian tanah oleh PUPR,” jelasnya.

3. Anies sebut transaksi dilakukan apabila penilaian lahan selesai

Anies: Anggaran Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Urusan Kemen PUPRGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Anies menyebut Januari ini bisa diselesaikan untuk transaksi pembebasan lahannya. Nantinya, lanjut dia, setelah penilaian selesai, Kementerian PUPR akan langsung melakukan transaksi.

“Insya Allah Januari ini bisa diselesaikan transaksinya. Karena transaksinya antara Kementerian PUPR dan masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Peringatan Dini Banjir, Anies Minta Kelurahan Keliling Bawa TOA

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya