Comscore Tracker

Anies Baswedan Positif COVID-19, Satgas: Kami Prihatin

Satgas minta kebijakan pencegahan COVID-19 tetap berjalan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, merasa prihatin saat mendengar kabar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Riza Patria terpapar COVID-19. 

"Satgas turut prihatin dengan terkonfirmasi positif COVID yang dialami Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta," kata Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/12/2020).

1. Wiku: Kebijakan pencegahan COVID-19 di Jakarta harus tetap dijalankan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Satgas: Kami PrihatinJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski kedua pemimpin DKI tersebut dinyatakan positif, Wiku menyampaikan kebijakan pencegahan COVID-19 di Ibu Kota harus tetap berjalan. Dia berharap para kepala daerah yang menyatakan diri positif COVID-19 bisa menyadarkan masyarakat tentang potensi penularan virus corona.

"COVID berpotensi untuk menular kepada siapa pun, siapa saja, tanpa memandang status atau latar belakang, bahkan apapun pekerjaannya. Maka dari itu, Satgas ingatkan agar masyarakat tertib protokol kesehatan dan jangan pergi ke lokasi yang ada kerumunan. Dilarang berkerumun," ujar dia.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif COVID-19, Ini Reaksi DPRD

2. Siapa saja bisa terpapar COVID-19, termasuk pejabat publik

Anies Baswedan Positif COVID-19, Satgas: Kami PrihatinJuru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Wiku juga mengingatkan bahwa virus corona bisa menyerang siapa saja, termasuk pejabat publik. Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat maupun para pejabat publik tidak lengah.

"COVID-19 bisa menyerang siapa saja, termasuk pimpinan daerah, dan ini perlu menjadi perhatian siapapun terutama pejabat publik agar tetap berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan," ujar Wiku.

Ketua Pakar Satgas ini juga menyampaikan penularan virus corona bisa dari siapa pun. Mulai dari keluarga, orang-orang terdekat, bahkan sampai staf pribadi.

"Untuk itu, tidak terkecuali apakah dia pejabat atau anggota masyarakat biasa tetap jangan pernah lengah karena masalah ini tetap masih ada di sekitar kita," ucap dia.

3. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta positif COVID-19

Anies Baswedan Positif COVID-19, Satgas: Kami PrihatinGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi positif terpapar COVID-19. Anies dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang keluar pada Selasa (1/12/2020) dini hari. Anies mengatakan kondisinya dalam keadaan baik dan tanpa gejala.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya Selasa pagi (1/12/2020).

Saat ini, lanjut Anies, seluruh kontak erat, baik keluarga maupun staf yang ada di kantor, telah dilakukan tes usap PCR.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi,” ujarnya.

Sebelum Anies mengumumkan dirinya positif, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria sudah terlebih dahulu terkonfirmasi positif. Ia dinyatakan positif setelah tertular virus corona dari staf pribadinya.

Baca Juga: [BREAKING] Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif COVID-19

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya