Apa Alasan Jokowi Menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?

Padahal, Wiranto punya banyak kontroversi di periode lalu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik 9 Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) hari ini. Dari 9 nama yang dilantik, mantan Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ditunjuk Jokowi sebagai Ketua Wantimpres.

Sempat muncul kontroversi dengan pernyataan-pernyataannya selama menjadi Menko Polhukam, hingga ditusuk saat kunjungan kerja, lalu apa alasan Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?

1. Jokowi sebut Wiranto miliki banyak pengalaman di pemerintahan

Apa Alasan Jokowi Menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?Presiden Jokowi memberikan keterangan pers, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated km 16, Kamis 12 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menyoal alasannya kembali memilih Wiranto, Jokowi rupanya melihat dari jejak rekam mantan Panglima TNI itu. Jokowi menilai bahwa Wiranto memiliki banyak pengalaman di pemerintahan.

"Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, menangani banyak masalah. Memberi nasihat dan pertimbangan kepada Presiden," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12).

Baca Juga: OSO Tolak Tawaran Presiden Jokowi Jadi Wantimpres, Mengapa?

2. Wiranto enggan komentar jauh alasan Jokowi memilihnya kembali

Apa Alasan Jokowi Menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?Ketua Wantimpres Wiranto memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ketua Wantimpres Wiranto juga sempat ditanya tentang alasan Jokowi memilihnya kembali. Namun, ia enggan berkomentar jauh dan meminta menanyakan hal itu langsung pada Jokowi.

"Ya jangan tanya saya dong, tanya Pak Jokowi-nya," kata Wiranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12).

3. Nama-nama Wantimpres Jokowi di periode kedua

Apa Alasan Jokowi Menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?Presiden Jokowi melantik anggota Watimpres di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desembet 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Siang ini, Jumat (13/12), Jokowi telah melantikan 9 Wantimpres-nya di periode kedua. Mulai dari nama mantan Menko Polhukam Wiranto hingga pengusaha Arifin Panigoro dipilih Jokowi sebagai penasihatnya. Wantimpres ini nantinya akan dipimpin oleh Wiranto sebagai ketua. Inilah deretan nama Wantimpres Jokowi di periode kedua:

1. Wiranto
2. Sidarto Danusubroto
3. Agung Laksono
4. Putri Kuswisnuwardhani
5. Arifin Panigoro
6. Datok Tahir
7. Muh Mardiono
8. KH Lutfi bin Yahya
9. Soekarwo

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Soal Pelantikan Wantimpres, Wiranto: Saya Siap Bertugas, Siap Bekerja!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya