Asyik Nih, Ada 30 Ribu Tiket Gratis dan Motor bagi yang Mudik via Laut

Kemenhub lakukan kampanye angkutan laut dengan mudik gratis

Jakarta, IDN Times - Dalam meningkatkan transportasi di sektor laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki cara tersindiri untuk menarik penumpang angkutan laut. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, jika dari ketiga sektor angkutan, transportasi laut masih menjadi sektor yang paling rendah diminati.

Oleh karena itu, kemenhub telah melakukan banyak promosi mengenai mudik gratis menggunakan angkutan laut.

1. Kemenhub melakukan kampanye angkutan laut dengan mudik gratis

Asyik Nih, Ada 30 Ribu Tiket Gratis dan Motor bagi yang Mudik via LautANTARA FOTO/Zabur Karuru

Budi mengungkapkan, kementeriannya telah menyiapkan mudik gratis dengan menggunakan angkutan laut. Ia juga mengatakan bahwa kemenhub telah melakukan kampanye dengan mudik gratis untuk meningkatkan transportasi laut.

"Berkaitan dengan angkutan laut, angkutan laut memang belum maksimal, oleh karenanya kita tahun ini kampanye dengan mudik gratis," kata Budi di Gedung DPR RI, Rabu (6/6).

2. Mulai dari tiket gratis hingga doorprize motor

Asyik Nih, Ada 30 Ribu Tiket Gratis dan Motor bagi yang Mudik via LautSuasana pendataan mudik gratis Pelindo I di Riau. ANTARA FOTO/M N Kanwa

Kemudian, Budi menyampaikan jika dirinya telah menyiapkan total 30 ribu tiket gratis untuk angkutan laut. Bahkan, kemenhub juga menyediakan doorprize sepeda motor

"Mudik gratis kita sediakan total 30.000 yang paling banyak Jakarta - Semarang, motor bisa dibawa gratis juga, dapet doorprize motor gratis juga," ucap Budi.

Budi melanjutkan, dengan adanya tiket gratis tersebut, penggunan angkutan laut tahun ini meningkat 40 persen dari tahun sebelumnya.

"Dan sekarang bagus, tahun lalu itu cuma 40 persen. Sekarang sudah 80 persen. InsyaAllah ini bisa 90 persen," ujarnya.

3. Beberapa titik berlebihan dari Madura hingga Bau Bau

Asyik Nih, Ada 30 Ribu Tiket Gratis dan Motor bagi yang Mudik via LautANTARA FOTO/Didik Suhartono

Karena mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan pada tahun ini, Budi pun memaparkan ada beberapa titik-titik yang berlebih. Titik-titik tersebut diprediksi menjadi titik dengan penumpang yang cukup banyak.

"Laut sendiri ada titik-titik yang overload, biasanya Madura, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Bau Bau," jelas dia.

Ia telah menugaskan Dirjen Laut untuk melakukan pengamatan terhadap titik-titik tersebut.

"Saya menugaskan Dirjen Laut berkeliling disana untuk melakukan pengamatan apabila ada kekurangan, kami akan tambahkan kapal kapal di sana," terangnya.

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya