Badan Otorita Ibu Kota Segera Dibentuk, Jokowi Siapkan Calon Ketua

Kluster pemerintah akan dibangun terlebih dahulu

Penajam Paser Utara, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pemerintah akan segera membentuk Badan Otorita Ibu Kota (BOI). Menurut dia, BOI akan dibentuk antara akhir Desember 2019 atau awal Januari 2020.

"Tapi yang paling penting, Badan Otoritas Ibu Kota segera akan terbentuk akhir Desember atau paling awal Januari," ucap Jokowi saat meninjau lokasi ibu kota baru di Bukit Sudarmono, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12).

Baca Juga: Bertemu Tokoh Adat, Jokowi Diminta Bangun Universitas di Ibu Kota Baru

1. Jokowi sudah memiliki kandidat ketua Badan Otorita Ibu Kota

Badan Otorita Ibu Kota Segera Dibentuk, Jokowi Siapkan Calon KetuaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mengenai siapa yang akan memimpin badan tersebut, Jokowi enggan memberitahukan lebih jauh. Ia hanya mengungkapkan sudah ada calon yang disiapkan.

"Kandidatnya banyak, tapi belum (dipilih)," kata dia.

2. Kluster pemerintah akan dibangun terlebih dahulu

Badan Otorita Ibu Kota Segera Dibentuk, Jokowi Siapkan Calon KetuaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengatakan pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 256 ribu hektare untuk membangun ibu kota baru. Namun, untuk kawasan intinya disediakan 56 ribu hektare.

Dari lahan yang telah disediakan itu, kata Jokowi, yang akan dikerjakan terlebih dahulu adalah kluster pemerintah. Seluas 5.600 hektare lahan yang sudah disiapkan untuk kluster pemerintahan.

"Yang nanti kita berharap juga pararel dengan pembangunan kluster kesehatan, kluster pendidikan, riset dan inovasi, finansial senter," ujar dia.

3. Istana akan dibangun di bukit tertinggi

Badan Otorita Ibu Kota Segera Dibentuk, Jokowi Siapkan Calon KetuaPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi mengatakan, istana juga akan dibangun di kluster pemerintah. Lokasinya di puncak bukit tertinggi.

"Ya kluster pemerintahan tadi tempatnya kira-kira yang kita lihat tadi di sana. Di situ, tempat paling tinggi, kemudian istananya juga di sekitar itu, kementerian-kementerian juga di sekitar tadi kita berhenti," kata Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bertemu Masyarakat Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya