Comscore Tracker

Bahas Utang, Perwakilan Bank Dunia Temui Jokowi di Istana

Jokowi juga minta masukan tentang ekonomi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Perwakilan Bank Dunia Rodrigo A Chaves menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (25/6). Di antara pembahasan pertemuan ini tentang pinjaman selama setahun ini.

Pertemuan Jokowi bersama Rodrigo didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

1. Rodrigo bertemu Jokowi membahas utang Indonesia

Bahas Utang, Perwakilan Bank Dunia Temui Jokowi di IstanaHumas Pemprov Jabar

Rodrigo mengatakan kedatangannya bertemu Jokowi guna melaporkan program kerja Bank Dunia di Indonesia selama satu tahun terakhir. Selain itu, pertemuan keduanya juga membahas tentang utang negara selama setahun terakhir ini.

"Kami hanya mengulas pinjaman-pinjaman yang sudah diberikan selama satu tahun terakhir," kata Rodrigo, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6).

Baca Juga: 6 Poin Hidup Mati Industri Manufaktur di Indonesia Menurut Bank Dunia 

2. Rodrigo mengatakan tak ada topik pembicaraan khusus dengan Jokowi

Bahas Utang, Perwakilan Bank Dunia Temui Jokowi di IstanaIstimewa

Rodrigo mengatakan tidak ada topik pembicaraan khusus dengan Jokowi. Pembicaraan hanya seputar kondisi keuangan dan pinjaman yang diberikan Bank Dunia kepada Indonesia.

"Kami hanya melaporkan apa yang telah kita lakukan selama tahun fiskal kemarin, pinjaman yang kami kucurkan. Perbincangan yang kami miliki sangat informal. Kami masih perlu menunggu dan melihat dalam waktu ke depan untuk memastikan sejumlah hal," ujar dia.

3. Rodrigo: Ada awan hitam yang bergelantung karena perang dagang

Bahas Utang, Perwakilan Bank Dunia Temui Jokowi di Istanaicctf.or.id

Usai pertemuan, Rodrigo berpesan, agar pemerintah Indonesia memperhatikan ekonomi global yang sedang terjadi sekarang ini. Menurut dia, ada awan hitam yang tengah bergelantung karena perang dagang.

"Semoga saja negosiasi antara dua negara kuat (AS-Tiongkok) segera terjadi, agar dampak perang dagang tak berdampak semakin buruk untuk semua pihak," ucap Rodrigo.

4. Jokowi meminta masukan kepada Rodrigo tentang ekonomi Indonesia

Bahas Utang, Perwakilan Bank Dunia Temui Jokowi di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pertemuan dengan Rodrigo juga untuk mendengarkan masukan tentang perekonomian Indonesia. Terutama untuk ekonomi Indonesia lima tahun ke depan.

"Sebagai bahan masukan, terutama di kami di RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan juga sebagai bahan masukan untuk pemerintah secara umum. Target nya tentunya pada 2030, Indonesia sudah bisa lebih memperbaiki kesejahteraan masyarakatnya," kata Bambang.

Baca Juga: Utang Luar Negeri April Naik Jadi US$389,3 M, Ini Penyebabnya

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You