Bandara Internasional Yogyakarta Sepi, Jokowi: Maklum Masih Pandemik

Bandara YIA dibangun dengan biaya Rp11,3 triliun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat (28/8/2020). Jokowi berharap bandara yang berkapasitas hingga 20 juta penumpang bisa ramai seperti yang diharapkan.

Namun, di masa pandemik COVID-19 ini, Jokowi memaklumi jika memang bandara dengan luas runway mencapai 3.250 meter itu tak seramai yang diharapkan.

"Kita tahu memang ini masih dalam kondisi pandemi, belum ramai saya maklum," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

1. Jokowi berharap YIA menjadi bandara paling ramai

Bandara Internasional Yogyakarta Sepi, Jokowi: Maklum Masih PandemikPresiden Jokowi resmikan Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Orang nomor satu di Indonesia ini meyakini bandara akan ramai setelah vaksin COVID-19 diberikan. Bahkan ia berekspektasi YIA menjadi bandara teramai.

"Begitu mulai vaksinasi, InsyaAllah saya meyakini bandara ini menjadi bandara yang paling ramai," ungkapnya.

2. Total biaya pembangunan YIA mencapai Rp11,3 triliun

Bandara Internasional Yogyakarta Sepi, Jokowi: Maklum Masih PandemikPresiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Menyoal pembangunannya, Jokowi menyebut total anggaran yang dihabiskan untuk membangun bandara tersebut mencapai Rp11,3 triliun.

"Ini urusan biaya. Bandara ini pembebasan lahannya menghabiskan Rp4,2 triliun. Untuk kontruksi, baik terminal maupun runaway Rp7,1 trilun. Artinya totalnya Rp11,3 triliun," ujar Jokowi lagi.

3. Jokowi sebut YIA bisa menampung pesawat Airbus A380 dan Boeing 777

Bandara Internasional Yogyakarta Sepi, Jokowi: Maklum Masih PandemikPresiden Jokowi dalam Rapat Terbatas Mengenai Penanganan COVID-19 dan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (24/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam acara peresmian bandara, Jokowi juga memuji kecepatan pembangunan. Dia menyebut proses pembangunannya menghabiskan waktu 20 bulan. "Bandara ini dikerjakan sangat cepat hanya 20 bulan, 20 bulan. Cepat sekali," katanya

Jika dibandingkan dengan Bandara Adi Sucipto yang panjang run way-nya 2.200 meter, di Bandara Internasional Yogyakarta mencapai 3.250 meter.

"Jauh lebih panjang. Di sana hanya untuk pesawat yang narrow body, di sini bisa didarati tadi saya baru saja mendapatkan informasi bisa didarati Airbus A380 dan boeing 777, pesawat gede-gede bisa turun di sini karena run way-nya 3.250 (meter)," ucap Jokowi.

Baca Juga: Bertolak ke Jogja, Jokowi Akan Resmikan YIA Hingga Bagikan Banpres

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya