Comscore Tracker

Bandingkan Penanganan COVID-19 dengan AS, Moeldoko: Sangat Jauh

"PSBB adalah sebuah solusi."

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklaim penanganan COVID-19 oleh pemerintah Indonesia sudah cukup baik. Ia membandingkan penanganan virus corona di Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Saya ingin menegaskan kalau kita mencoba membandingkan penanganan COVID-19 dan penanganan ekonomi antara Indonesia dengan Amerika, biar agak sedikit ekstrem perbandingannya antara Indonesia dengan Amerika," kata Moeldoko dalam keterangan persnya di Kantor Staf Presiden, Rabu (21/10/2020).

1. Moeldoko: Ketersediaan dokter di AS jauh lebih banyak dibanding Indonesia

Bandingkan Penanganan COVID-19 dengan AS, Moeldoko: Sangat JauhDok. Kantor Staf Presiden

Moeldoko membandingkan ketersediaan jumlah dokter di Indonesia dan Amerika Serikat. Indonesia, kata Moeldoko, memiliki rasio ketersediaan dokter hanya 0,38 per 1.000 penduduk. Sementara AS memiliki 2,59 dokter per 1.000 penduduk.

"Sangat jauh. Hampir 5 kali (lipat)," ujar Moeldoko.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Masih Banyak yang Tidak Percaya COVID-19

2. Moeldoko mengklaim kasus COVID-19 di Indonesia belum mencapai jutaan seperti di AS

Bandingkan Penanganan COVID-19 dengan AS, Moeldoko: Sangat JauhSuasana di unit perawatan intensif COVID-19 di Houston, Texas, Amerika Serikat, pada 29 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare

Moeldoko juga membandingkan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia dan AS. Ia mengatakan jumlah kasus di Indonesia masih lebih sedikit dibandingkan AS yang sudah mencapai angka 8 juta kasus.

"Sementara kita masih belum jutaan," kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI itu juga membandingkan kontraksi ekonomi di Amerika yang sudah mencapai minus 9,1 persen, sementara di Indonesia minus 5,39 persen.

3. Moeldoko mengklaim kebijakan PSBB yang diambil Jokowi sudah tepat

Bandingkan Penanganan COVID-19 dengan AS, Moeldoko: Sangat JauhJokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Melihat perbandingan data tersebut, ia  menyebut penanganan COVID-19 di Indonesia masih terbilang baik meskipun ketersediaan dokter tak sebanyak di AS.

Ia juga mengatakan kebijakan yang diambil Presiden Jokowi sudah tepat, seperti mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) alih-alih memutuskan lockdown. Sehingga, kontraksi ekonomi di Indonesia tak terlalu besar.

"Tidak melakukan lockdown, dan melakukan pendekatan PSBB adalah sebuah solusi," kata Moeldoko.

Baca Juga: Moeldoko: Jokowi Memikirkan Rakyat Sejak Mereka Berada dalam Kandungan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya