Comscore Tracker

Begini Reaksi Jokowi saat 18 Jet Tempur Fly Pass di Atas Istana

Jokowi beri apresiasi tinggi pada TNI

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 18 jet tempur dan delapan helikopter milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) melintas di atas Istana Merdeka, saat perayaan HUT ke-76 TNI, Selasa (5/10/2021). Ke-18 jet tempur itu fly pass sejak pukul 08.37 WIB.

Pertunjukkan dari TNI Angkatan Udara (AU) tersebut disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Lalu, bagaimana reaksi Jokowi saat menyaksikan pertunjukan dari prajurit TNI AU itu?

Baca Juga: Jokowi Beri Bintang Jasa untuk Tiga Prajurit pada HUT ke-76 TNI 

1. Jokowi tersenyum bangga hingga beri tepuk tangan saat atraksi TNI AU

Begini Reaksi Jokowi saat 18 Jet Tempur Fly Pass di Atas IstanaPresiden Jokowi menyaksikan atraksi fly pass (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dipantau melalui siaran langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, pertunjukkan fly pass kali ini dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama yaitu atraksi 6 pesawat tempur T-50i Golden Eagle "Golden Flight" dari Skuadron 15. Atraksi yang mereka lakukan yakni arrow head formation dan manuver bomb burst.

Melihat atraksi pertama, Jokowi tampak menikmatinya. Ia tersenyum saat kelebihan dari jet tempur ini mulai dipamerkan.

Berlanjut ke atraksi kedua yaitu 6 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon "Dragon Flight" dari Skuadron Udara 3. Mereka memperlihatkan formasi arrow head dan manuver bomb burst.

Melihat aksi kedua, Jokowi semakin tersenyum lebar dan terlihat bangga hingga mengangguk-anggukkan kepalanya saat manuver pesawat tempur ini dipamerkan.

Terakhir, atraksi 6 pesawat tempur SU-27/30 "Bajra Flight" dari Skuadron Udara 14 dan 11. Atraksi terakhir dari TNI AU ini diakhir dengan tepuk tangan Presiden Jokowi.

Tak hanya Jokowi, seluruh pejabat negara yang hadir, termasuk Panglima TNI juga memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan.

2. Jokowi apresiasi tinggi para prajurit TNI

Begini Reaksi Jokowi saat 18 Jet Tempur Fly Pass di Atas IstanaPresiden Jokowi pimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI hari ini. Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mereka.

"Pertama-tama atas nama rakyat, bangsa dan negara saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia," ujar Jokowi.

"Rakyat, bangsa dan negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah daerah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan," katanya, lagi.

3. Upacara dihadiri Menhan Prabowo hingga pimpinan tiga matra TNI

Begini Reaksi Jokowi saat 18 Jet Tempur Fly Pass di Atas IstanaPresiden Jokowi pimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI (YouTube/Sekretariat Presiden)

Dalam acara peringatan HUT ke-76 TNI hari ini, dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Ada juga pemimpin tiga matra TNI yakni KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: HUT TNI, Jokowi Minta Belanja Diganti Jadi Investasi Pertahanan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya