Beredar Hasil Lab Rizieq Shihab Positif COVID-19, FPI: Hoaks!

Rizieq Shihab sempat dirawat di RS UMMI Bogor

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Front Pembela Islam (FPI), Slamet Maarif, menanggapi beredarnya foto hasil laboratorium yang menyebutkan Pemimpin FPI Rizieq Shihab positif virus corona. Dalam surat tersebut ditulis tes swab dilakukan pada 27 November 2020 dan hasil dicetak 28 November.

"Hoaks," kata Slamet Maarif saat dihubungi IDN Times, Selasa (1/12/2020) malam.

1. Rizieq sempat dirawat di RS UMMI Bogor

Beredar Hasil Lab Rizieq Shihab Positif COVID-19, FPI: Hoaks!(Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab) Screen shot Youtube

Rizieq Shihab sempat dirawat di Rumah Sakit UMMI pada 26 November 2020. Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat itu mengatakan kondisi Rizieq dalam keadaan sehat.

"Betul (dirawat di RS Ummi Bogor). (Rizieq Shihab) sedang istirahat setelah cek kesehatan seluruh tubuh, alhamdulillah hasil sehat," ujar Aziz kepada IDN Times, Kamis (26/11/2020) malam.

Aziz mengatakan Rizieq Shihab dirawat di rumah sakit karena kelelahan. Ia mengatakan Rizieq sudah melakukan general check up di rumah sakit dan hasilnya baik.

"Hasil general check up keseluruhannya sehat, semua normal, alhamdulillah," ujarnya.

Baca Juga: Rizieq Shihab Batal Diperiksa, Pengacara: Beliau Tidak Mangkir

2. RS UMMI membantah menutup-nutupi hasil tes COVID-19 Rizieq

Beredar Hasil Lab Rizieq Shihab Positif COVID-19, FPI: Hoaks!Pimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Direktur Utama  Rumah Sakit UMMI Bogor, Andi Tatat, mengatakan Rizieq Shihab dan keluarganya sudah menjadi pasien lama di rumah sakit tersebut. Karena itu, tidak heran jika Rizieq mempercayakan perawatan kesehatannya di rumah sakit tersebut.

"Beliau memang pasien kami jadi kami mempunyai catatan medisnya," ujar Andi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Bima Arya, Minggu (29/11/2020).

Andi menambahkan, pihak rumah sakit tidak berniat menutup-nutupi penanganan dan hasil tes COVID-19 Rizieq Shihab.

"Kami akui memang kelemahan internal kami dalam melakukan komunikasi dan koordinasi, sehingga kesannya menghalang-halangi," kata dia

Andi mengatakan, tes usap atau tes PCR yang dilakukan oleh tim dokter pribadi Rizieq pada Jumat 27 November 2020, seharusnya disaksikan tim Satuan Tugas COVID-19 Kota Bogor, namun ternyata itu tidak terjadi.

"Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas COVID Kota Bogor, dan insyallah ke depannya kami siap untuk bersinergi dalam penanggulangan COVID-19 di Kota Bogor," ujarnya

3. MER-C: Hasil tes swab Rizieq Shihab kami bawa ke laboratorium kredibel

Beredar Hasil Lab Rizieq Shihab Positif COVID-19, FPI: Hoaks!Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Menyoal hasil pemeriksaan swab Rizieq, Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad membenarkan, MER-C tidak memiliki laboratorium untuk memeriksa hasil tes usap atau tes swab COVID-19 pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"MER-C memang gak punya lab, kita hanya mengambil (swab) kita bawa ke lab yang kredibel,” kata Sarbin kepada IDN Times, Selasa (1/12/2020).

Namun demikian, Sarbini enggan memberitahu nama laboratorium tempat MER-C memeriksakan hasil tes usap Rizieq Shihab.

“Jangan tanya itu, kita profesional. Percaya sama kami,” ujarnya.

Sarbini menjelaskan, mengenai hasil tes usap Rizieq MER-C bersikukuh tak mau menyerahkannya kepada Satgas COVID-19 Kota Bogor, sebab itu merupakan privasi pasien.

Ia menegaskan, menjaga privasi pasien adalah salah satu kode etik dokter. Misalnya, di Pasal 12 Kode Etik Kedokteran yang menyebut, setiap dokter wajib merahasiakan sesuatu yang diketahuinya tentang seorang penderita bahkan juga setelah penderita itu meninggal dunia.

“Hasilnya kita serahkan kepada keluarga, kalau mau diumumkan silakan kalau tidak silakan,” ujarnya.

Baca Juga: Polisi Bakal Tes Swab Rizieq Shihab jika Hadir dalam Pemeriksaan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya