Beri Kuis Berhadiah Sepeda ke Gadis NTT, Jokowi Malah Dibentak

"Presiden kok dibentak," kata Jokowi diiringi tawa hadirin

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali membagi-bagikan sepeda. Kali ini, Jokowi membagikan sepeda di acara Natal Nasional 2019, berlokasi di Sentul International Convention Center (SICC), pada Jumat (27/12).

Namun, ada yang unik dari acara pembagian sepeda tersebut. Di tengah-tengah sambutannya, Jokowi tiba-tiba ingin membagikan sepeda kepada hadirin yang hadir.

"Ada yang mau sepeda?" tanya Jokowi pada hadirin.

Dengan antusias, hadirin di gedung langsung berteriak bahwa mereka ingin sepeda pemberian Jokowi. "Mau..," teriak mereka serempak.

Akhirnya, dipanggillah tiga orang yang beruntung untuk maju ke depan. Berdiri sejajar dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Terpilihlah tiga perwakilan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Nias, dan Ambon.

Lalu, bagaimana cerita serunya saat Jokowi membagikan sepeda? Yuk simak!

1. Jokowi tertawa saat dibentak oleh Fiorentina

Beri Kuis Berhadiah Sepeda ke Gadis NTT, Jokowi Malah DibentakPresiden Jokowi di SICC, Bogor, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelum membagikan sepeda, Jokowi meminta ketiga orang itu memperkenalkan diri. Menariknya, adalah satu dari ketiga orang itu yang bahkan tidak memakai sepatu ke depan. Saat Jokowi meminta perwakilan NTT maju ke depan, gadis yang akrab disapa Fiorentina ini langsung berlari dari kursi paling atas menuju ke arah Jokowi.

Akhirnya, ia menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan sepeda Jokowi. Tapi tak mudah bagi Fiorentina untuk mendapatkan sepeda.

Ada kejadian unik ketika dia berinteraksi dengan Jokowi. Saat itu, Jokowi meminta Fiorentina untuk memperkenalkan diri.

"Namanya siapa," kata Jokowi.

Namun, karena antusiasnya, Fiorentina pun memperkenalkan diri dengan namanya yang panjang dengan irama yang cepat. Hal itu membuat Jokowi tak terdengar jelas siapa namanya.

"Pelan-pelan. Namanya siapa? Nama pendeknya," tanya Jokowi lagi.

Kemudian, Fiorentina kembali mengulang namanya. Kali ini ia menyebut nama panggilannya saja. "Fiorentina," ucapnya dengan nada yang biasa.

Namun, Jokowi tak jelas lagi mendengar namanya. Kemudian ia memperjelas lagi nama gadis NTT itu. "Siapa? Fiolentina?" tanyanya lagi.

Sedikit gemas karena Jokowi tak mendengar lagi namanya. Akhirnya Fiorentina tanpa sengaja meninggikan nadanya agar Jokowi terdengar jelas.

"Fioren," kata dia dengan nada yang sedikit tinggi.

Mendengar Fiorentina dengan nada sedikit tingginya pada Jokowi langsung membuat seisi ruangan tertawa. Semua menteri hingga Jokowi pun ikut terbahak mendengar dia meninggikan nadanya.

Setelah sedikit tenang dengan tawanya, Jokowi hanya berkomentar, "Presiden kok dibentak," katanya sambil tertawa lagi. Sontak jawaban Jokowi kembali membuat seisi ruangan tertawa.

"Gak tahu ngebentak atau memang mic-nya (menggelegar)," ucap Jokowi lagi sembari kembali tertawa.

Baca Juga: Pesan Jemaat GKI-HKBP ke Jokowi: Pak Presiden, Buka Gembok Gereja Kami

2. Jokowi berikan dua sepeda pada Fiorentina

Beri Kuis Berhadiah Sepeda ke Gadis NTT, Jokowi Malah DibentakSICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain insiden 'membentak' presiden, ada lagi momen lucu ketika Fiorentina berinteraksi dengan Jokowi. Sebelum Fiorentina mendapatkan sepeda, Jokowi memberikan sebuah pertanyaan kepadanya.

"Yang dari NTT harus dikasih pertanyaan sulit," kata Jokowi kepada Fiorentina.

Lalu, Jokowi pun memberikan pertanyaan mengenai Menteri Kabinet Indonesia Maju. Jokowi meminta Fiorentina untuk menyebutkan tiga nama menteri kabinet dan jabatannya. Mendengar pertanyaan Jokowi, muka Fiorentina sempat panik, ia bahkan meminta bantuan teman-temannya dari NTT untuk menjawab.

"Hayo, di sini menteri semua (sambil menujuk ke deretan kursi depan). Tanya langsung ke menterinya," kata Jokowi kepada Fiorentina.

Fiorentina dengan polosnya pun langsung mengikut kata-kata Jokowi dan menghampiri para menteri yang tengah duduk di deretan paling depan. Ia mendatangi Mensos Juliari terlebih dahulu. Lalu, Juliari pun membisikkan namanya ke telinga Fiorentina sambil tertawa.

Setelah menyebut nama Juliari, Fiorentina kemudian menghampiri Menag Fachrul Razi. Dengan iseng, Fachrul hanya menyebut namanya sebagai 'Pak Jenderal' saja kepada Fiorentina.

Lalu, ia melanjutkan bertanya nama Mensesneg Pratikno. Usai ketiga menteri itu ditanya, tanpa diduga Jokowi langsung memberi dua sepeda kepadanya. Dengan wajah gembira, Fiorentina pun berterima kasih kepada para menteri yang sudah membantunya.

"Terima kasih Pak Menteri," ujarnya polos yang berhasil membuat tawa pecah di dalam ruangan.

3. Jajaran pejabat negara yang hadir

Beri Kuis Berhadiah Sepeda ke Gadis NTT, Jokowi Malah DibentakPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat 27 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, acara Natal nasional juga dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menag Fachrul Razi, Mensos Juliari Batubara, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, dan lainnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hadiri Acara Natal Nasional, Jokowi Khawatir Tak Banyak yang Datang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya