Beri Masukan Debat Ketiga, Ketua DPR: Peserta Jangan Saling Cela

Debat ketiga diharapkan lebih berkualitas

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap agar debat calon wakil presiden pada 17 Maret mendatang, lebih menonjolkan substansi dibandingkan saling mencela.

Ia berharap kedua cawapres bisa memberikan gambaran akan dibawa kemana Indonesia lima tahun ke depan. Selain itu, keduanya bisa menyampaikan program serta visi misi dengan gamblang.

1. Bambang berharap debat ketiga bisa lebih berkualitas dan tidak saling mencela

Beri Masukan Debat Ketiga, Ketua DPR: Peserta Jangan Saling CelaDok.IDN Times/Istimewa

Bambang berharap debat pilpres ketiga mendatang lebih berkualitas dan memberikan gambaran Indonesia lima tahun ke depan. Ia juga berharap peserta debat tidak saling mencela ketika debat.

"Jadi bukan kepada saling cela, tapi lebih kepada substansi daripada visi dan misi kelak mereka kepilih nanti," kata Bambang di Gedung DPR RI, Senin (11/3).

Baca Juga: Jelang Debat Ketiga, Ma’ruf Amin Berguru untuk Perdalam Materi

2. Kedua cawapres harus bisa menyampaikan visi misi dan program dengan jelas

Beri Masukan Debat Ketiga, Ketua DPR: Peserta Jangan Saling CelaIDN

Bambang juga berharap kedua cawapres bisa menyampaikan program serta visi misi dengan gamblang. Hal ini penting agar masyarakat bisa menentukan siapa calon yang terbaik bagi Indonesia.

"Kita berharap kepada Cawapres KH Ma'ruf Amin bisa memberikan gambaran yang lebih lugas, yang jelas kepada rakyat, tentang bagaimana sektor pendidikan kesehatan dan kebudyaan Indonesia dalam lima tahun ke depan yang akan dia pimpin nanti, atau juga yang akan dibawa," ujar politikus Partai Golkar itu.

"Demikian juga dengan Cawapres Sandi Uno, dia harus bisa menggambarkan dan meyakinkan kepada rakyat Indonesia, kalau dia terpilih akan dibawa kemana hal-hal yang tadi itu terhadap lima tahum ke depan bangsa Indonesia," lanjut dia.

3. Kedua cawapres harus bisa meyakinkan pemilih

Beri Masukan Debat Ketiga, Ketua DPR: Peserta Jangan Saling CelaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menurut Bambang, bagi kubu 01 harus lebih meningkatkan lagi apa yang sudah dilakukan selama memimpin. Sementara, kubu 02 harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa mereka bisa membuat terobosan baru lima tahun ke depan.

"Jadi sebetulnya kan langkah-langkah nya sudah ada, tinggal bagimana meningkatkan, pasangan Jokowi-Amin harus meningkatkan apa yang sudah ada. Lalu, pasangan Prabowo-Sandi harus bisa membuat terobosan-terobosan untuk bisa mengalahkan apa yang sudah dilakukan dan apa dilakukan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin," dia memaparkan.

4. Debat ketiga akan digelar 17 Maret

Beri Masukan Debat Ketiga, Ketua DPR: Peserta Jangan Saling CelaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Debat ketiga yang akan berlangsung pada 17 Maret mendatang, menghadirkan dua peserta yakni kedua cawapres dari kubu 01 dan 02. Debat akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

Tema debat ketiga yaitu tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Debat ini akan disiarkan secara langsung oleh Trans Corp, antara lain Trans TV, Trans7, dan CNN TV Indonesia. Adapun moderatornya adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Baca Juga: Jelang Debat Capres Ketiga, BPN Kritik Sistem Pendidikan Era Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya