Bertemu di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas Jokowi-Megawati

Pertemuan berlangsung 2 jam, 10 menit

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggelar pertemuan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Batu Tulis, Bogor, Selasa (12/6). Pertemuan tersebut berlangsung selama 2 jam 10 menit, dimulai dari pukul 17.10 WIB hingga 19.20 WIB.

Selama melakukan pertemuan, keduanya disebut membahas tentang calon pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Bukan hanya pembahasan mengenai cawapres Jokowi nantinya, Megawati sempat memberikan apresiasi kepada Jokowi tentang pembangunan infrastruktur yang berhasil.

Lalu, seperti apa pembahasan lengkap dari pertemuan Jokowi dan Megawati di Istana Batu Tulis Bogor?

1. Pertemuan keduanya terasa hangat  

Bertemu di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas Jokowi-MegawatiIstimewa

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan jika pertemuan antara Jokowi dan Megawati adalah pertemuan suasana akrab dan tertawa satu sama lain.

Hasto juga mengatakan jika pertemuan tersebut dalam rangka berbuka puasa bersama.

“Pertemuan diselingi buka puasa bersama, dan seperti kebiasaan sebelumnya, Ibu Megawati secara khusus menyiapkan sajadah untuk Pak Jokowi untuk keperluan menjalankan salat magrib," kata Hasto.

2. Megawati apresiasi pembangunan infrastruktur Jokowi  

Bertemu di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas Jokowi-MegawatiJalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang dibuka fungsional untuk Lebaran 2018. Foto dok Kementerian PUPR

Hasto melanjutkan, pertemuan keduanya juga membahas tentang narasi kemajuan Indonesia ke depannya. Tak lupa, Megawati juga memberikan apresiasi tentang kemajuan pembangunan infrastruktur selama masa kepemimpinan Jokowi.

“Ibu Megawati memberikan apresiasi kepada Bapak Jokowi bahwa mudik Lebaran berjalan lancar. Kerja, kerja, dan kerja, terbukti menjadi jawaban paling tepat di tengah berbagai kritikan. Hasilnya sudah terbukti, infrastruktur untuk mengenjot pertumbuhan ekonomi ke depan telah dibangun dengan baik," lanjut Hasto.

3. Megawati berpesan agar semangat Merah Putih selalu ada dalam diri Jokowi  

Bertemu di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas Jokowi-MegawatiIstimewa

Hasto menjelaskan, Megawati juga sempat berpesan kepada Jokowi agar semangat Merah Putih terus ada di dalam diri Jokowi.

“Biar semangat Merah Putih terus bergelora dalam diri Pak Jokowi, apapun tantangan yang dihadapi," ujar Hasto menirukan apa yang disampaikan Megawati kepada Jokowi.

4. Membahas tentang cawapres Jokowi  

Bertemu di Istana Batu Tulis, Ini yang Dibahas Jokowi-MegawatiANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bertemunya Jokowi dan Megawati di Istana Bogor, tentunya tidak lepas dari pembahasan calon pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Dikatakan oleh Hasto, terkait dengan siapa yang akan mendampingi Jokowi, Megawati memberikan masukan agar segala sesuatunya dilakukan dengan pertimbangan matang.

Dan tentunya, lanjut Hasto, terus memberikan perhatian kepada rakyat, agar dapat memahami aspirasi rakyat Indonesia. Serta sambil memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Presiden dan wakil presiden itu merupakan pemimpin rakyat, pemimpin bangsa dan negara. Semua harus dipersiapkan dengan matang, dengan pertimbangan nurani yang jernih. Siapapun yang ditetapkan sebagai cawapres ke depan, maka Pak Jokowi dan calon wakilnya merupakan satu kesatuan. Momentumnya dilakukan pada saat yang tepat," pesan Megawati kepada Jokowi.

Baca juga: Amien Rais Siap Nyapres, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya