Bertemu Parlemen Singapura, Jokowi Minta Dukungan Kerja Sama Ekonomi

Kerja sama telah disepakati di Leaders Retreat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima kunjungan ketua dan anggota parlemen Singapura. Pertemuan ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pertemuan ini membahas kerja sama antara Indonesia dan Singapura, yang sudah terjalin sejak pertemuan Leaders Retreat pada 8 Oktober lalu.

Baca Juga: Tingkatkan Keterampilan Migran, Pemerintah Sediakan P3K di Singapura 

1. Jokowi bertemu parlemen Singapura untuk memperkuat kerja sama

Bertemu Parlemen Singapura, Jokowi Minta Dukungan Kerja Sama Ekonomi(Presiden Jokowi menerima ketua dan anggota parlemen Singapura, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu [20/11]) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Retno menjelaskan kunjungan anggota parlemen Singapura untuk silaturahmi sekaligus memperkuat kerja sama antara Indonesia dan negara yang terkenal dengan ikon Merlion tersebut.

"Presiden menyampaikan kedua pemimpin berkomitmen untuk memperkuat kerja sama bidang investasi, pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM (sumber daya manusia) dan ekonomi," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta.

2. Jokowi minta dukungan parlemen Singapura untuk melancarkan kerja sama

Bertemu Parlemen Singapura, Jokowi Minta Dukungan Kerja Sama Ekonomi(Presiden Jokowi menerima ketua dan anggota parlemen Singapura, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu [20/11]) IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Retno mengatakan kerja sama tersebut adalah bentuk kerja sama G to G atau government to government. Kendati, kerja sama tersebut diperlukan dukungan dari parlemen.

"Kita juga perlu dukungan pada level parlemen, karena kerja sama antara parlemen juga perlu didukung dan juga kerja sama antar pemuda juga perlu diperkuat," ucap dia.

3. Jokowi sebut kerja sama dengan Singapura untuk mengatasi situasi ekonomi dunia

Bertemu Parlemen Singapura, Jokowi Minta Dukungan Kerja Sama Ekonomi(Presiden Jokowi menerima ketua dan anggota parlemen Singapura, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu [20/11]) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian sekarang ini, kata Retno, Jokowi menyatakan akan lebih baik Indonesia membangun kerja sama dengan Singapura di bidang ekonomi. Karena ASEAN memiliki harapan bagus untuk ekonomi dunia.

"Presiden meng-quote Managing Director IMF yang mengatakan bahwa ASEAN is a bright spot in our economy. Jadi titik cerah kalau kita melihat situasi ekonomi dunia," kata Menlu.

4. Kesepakatan antara Indonesia dan Singapura di Leaders Retreat

Bertemu Parlemen Singapura, Jokowi Minta Dukungan Kerja Sama Ekonomi(Presiden Jokowi memberikan keterangan pers, di Bandar Lampung, Jumat 15 November 2019) Dok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Presiden Jokowi sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Singapura. Dalam lawatan yang berlangsung pada Selasa (8/10) ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Jokowi dan PM Singapura telah membuat beberapa kesepakatan kerja sama, antara lain Flight Information Region (FIR) untuk mengawasi wilayah udara Indonesia, memperpanjang kerja sama keuangan antar bank sentral, tindak lanjut pengembangan kawasan industri Kendal, dan investasi.

Baca Juga: Tiga Belas Pekerja Migran Indonesia di Singapura Raih Gelar Sarjana 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya