Comscore Tracker

Bertemu Sekjen PDIP, Sekjen Demokrat Foto Acungkan Jempol

Sekjen PDIP dan Demokrat foto bersama

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang 16 partai politik peserta Pemilu 2019 untuk menandatangani pakta integritas dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Dalam acara tersebut, tampak keakraban kubu Jokowi dan Prabowo. Meskipun kedua kubu sering berdebat, tapi ketika bertemu secara langsung, kubu petahana maupun oposisi terlihat akrab satu sama lain.

Keakraban juga terlihat di tingkat elite, seperti ketika Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan bertemu.

Baca Juga: Petinggi PDIP Ungkap Wasiat Pendiri PKS Sebelum Meninggal

1. Sekjen Demokrat pose dengan acungkan jempol

Bertemu Sekjen PDIP, Sekjen Demokrat Foto Acungkan JempolIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Usai menandatangani paktra integritas pencegahan korupsi, para sekjen partai politik pun melakukan sesi foto bersama. Terlihat Hasto begitu akrab dengan Hinca.

Setelah menandatangani pakta integritas, Hasto dan Hinca berfoto bersama. Yang menarik, saat foto bersama Hinca mengacungkan jempol.

"Lihat ini, lihat ini," ujar Hasto sambil menunjuk jempol Hinca.

Hinca yang saat itu tengah dirangkul oleh Hasto pun tertawa dan membalas, "biar adem," ucapnya sambil tertawa.

Selama kampanye, simbol jempol telah menjadi kode dukungan untuk calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko "Joko" Widodo-Ma'ruf Amin.

2. Keakraban sekjen PDIP dan Gerindra

Bertemu Sekjen PDIP, Sekjen Demokrat Foto Acungkan JempolIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, kehangatan juga terlihat antara Hasto dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Kala itu, para ketua umum dan sekjen partai politik telah berkumpul dan duduk di panggung untuk membicarakan tentang pencegahan korupsi.

Muzani yang saat itu datang terlambat, menaiki panggung saat Hasto tengah berbicara. Usai Hasto menyampaikan tanggapannya tentang komitmen PDIP memberantas korupsi, ia baru menyadari kehadiran Muzani. Dengan akrab, Hasto pun langsung menyapa dan merangkul Muzani yang telah duduk di sampingnya.

Kemudian, Muzani dan Hasto tampak berbincang hangat. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang juga berada di samping Muzani tampak ikut perbincangan keduanya. Suasana adem di tengah memanasnya tensi politik pun terlihat jelas di atas panggung.

3. Acara KPK yang menyatukan elite partai politik

Bertemu Sekjen PDIP, Sekjen Demokrat Foto Acungkan JempolANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara untuk menuju Indonesia bebas korupsi di hari Anti Korupsi Sedunia 2018. Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, pejabat negara, dan juga perwakilan dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019.

Adapun tokoh-tokoh yang hadir antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Mendagri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan sekretaris jenderal 16 partai politik peserta Pemilu 2019.

Baca Juga: KPK Undang 16 Pimpinan Parpol di Konferensi Nasional Anti Korupsi

Topic:

  • Sunariyah

Just For You