Bertemu Siti Aisyah di Istana, Jokowi Ungkap Hal Ini

Siti Aisyah ucapkan terima kasih kepada Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menemui Siti Aisyah, warga negara Indonesia (WNI) yang sempat didakwa menjadi pembunuh kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-nam, di Malaysia.

Siti yang awalnya dituntut hukuman mati, akhirnya dibebaskan oleh Pengadilan Tinggi Shah Alam, Selangor, Malaysia, Senin (12/3) kemarin. Penyebabnya, jaksa tidak punya cukup bukti. 

Atas kebebasannya, Siti mengucapkan terima kasih kepada Jokowi dan mengungkapkan ingin bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Hari ini,  Jokowi pun mengundang Siti ke Istana Merdeka. Lalu, seperti apa pertemuan Jokowi dan Siti?

Baca Juga: Menkumham Akui Proses Hukum Siti Aisyah Melelahkan

1. Pemerintah sewa pengacara untuk dampingi Siti Aisyah sejak pertama kali ditangkap

Bertemu Siti Aisyah di Istana, Jokowi Ungkap Hal IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi mengungkapkan, proses pembebasan Siti Aisyah melalui proses cukup panjang. Bahkan, pemerintah menyewa pengacara untuk mendampingi Siti sejak pertama kali ia ditangkap.

"Ini adalah proses pendampingan hukum dari pemerintah yang sangat panjang, yang lama dan terus menerus, antara lain dengan menyewa pengacara yang itu dilakukan sejak Siti ditangkap," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

2. Jokowi sebut pembebasan Siti Aisyah wujud kepedulian pemerintah

Bertemu Siti Aisyah di Istana, Jokowi Ungkap Hal IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Jokowi, proses pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah dari awal Siti ditangkap hingga dibebaskan, adalah wujud kepedulian pemerintah kepadanya.

"Ini adalah wujud kepedulian pemerintah terhadap keluarganya dan kemarin secara resmi pemerintah, diwakili oleh Menlu, menyerahkan Siti Aisyah kepada keluarganya," ucap Jokowi.

3. Jokowi ucapkan selamat atas kembalinya Siti ke pangkuan keluarga

Bertemu Siti Aisyah di Istana, Jokowi Ungkap Hal IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi pun mengucapkan selamat atas kembalinya Siti ke pelukan keluarganya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, kehadiran Siti ke Istana untuk mengucapkan terima kasih kepadanya secara langsung.

"Saya ucapkan selamat berkumpul Siti dengan keluarganya," Jokowi menambahkan.

4. Tiba di Istana, Siti Aisyah cium tangan Jokowi

Bertemu Siti Aisyah di Istana, Jokowi Ungkap Hal IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Siti tiba di Istana Merdeka bersama kedua orangtuanya pukul 14.21 WIB. Siti langsung mencium tangan Jokowi saat bertemu.

Usai bertemu Jokowi, Siti Aisyah tak banyak bicara di depan awak media. Beberapa wartawan mulai menyerbunya dengan banyak pertanyaan, namun Siti tak banyak menjawab.

Siti hanya menjawab saat ada wartawan yang menanyakan langkah selanjutnya, usai bebas. Tetapi Siti mengaku belum memiliki rencana apa-apa.

"Belum tahu," jawabnya singkat.

Baca Juga: Bebas dari Hukuman Mati, Kenapa Siti Aisyah Bisa Didakwa Lagi?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya