Borong Kemenangan di 5 Pilkada Bali, Ini Kata Sekjen PDIP

Karangasem menjadi kemenangan yang penting

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik kemenangan partainya di lima wilayah Provinsi Bali. Kelima wilayah tersebut antara lain Bangli, Denpasar, Badung, Tabanan, dan Karangasem.

Atas kemenangan tersebut, Hasto mengatakan, hal itu menjadi bukti Bali masih menjadi basis utama partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.

"Ini menjadi bukti bagaimana Bali secara kultural dan historis menjadi basis utama partai," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga: PDIP Klaim Menang di 17 Pilkada Jawa Tengah

1. Hasto sebut kemenangan Karangasem menjadi yang sangat penting

Borong Kemenangan di 5 Pilkada Bali, Ini Kata Sekjen PDIPANTARA FOTO/Reno Esnir

Melihat kemenangan PDIP di lima wilayah itu, Hasto menuturkan, kemenangan di Karangasem menjadi salah satu yang sangat penting. Ditambah lagi dengan kemenangan di empat wilayah lainnya.

"Dalam perspektif spiritual, kemenangan di Karangasem sangat penting. Kemenangan di Karangasem semakin mendorong pentingnya membumikan falsafah Tri Hita Karana. Terlebih dengan kemenangan di Tabanan, Gianyar, Denpasar, Badung, dan Bangli," ucapnya.

Perihal kemenangan di Karangasem, kata Hasto, PDIP menilai kemenangan tersebut istimewa. Sebab yang dilawan adalah pasangan petahana, I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukarena.

2. Prananda Prabowo disebut jadi sosok yang berjasa di Pilkada Bali

Borong Kemenangan di 5 Pilkada Bali, Ini Kata Sekjen PDIPKonferensi Pers Ultah PDIP ke-74 dan Rakernas 1 PDIP oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Sementara, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali I Wayan Koster mengatakan,  kemenangan PDIP karena kerja keras simpatisan dan juga masyarakat. Menurutnya, putra Megawati Soekarnoputri, Prananda Prabowo, menjadi salah satu sosok yang berjasa dalam Pilkada Bali.

"Calon yang kita usung adalah aspirasi dari bawah, yang kemudian diperjuangkan oleh Mas Prananda (Prananda Prabowo) untuk mendapat persetujuan dari Ibu Ketua Umum. Selama ini, Mas Prananda memang unsur DPP yang sangat memperhatikan Bali," ujar Koster dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

3. PDIP berharap pasangan yang terpilih bisa bekerja keras

Borong Kemenangan di 5 Pilkada Bali, Ini Kata Sekjen PDIPANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Koster menyampaikan, PDIP berharap para pasangan calon kepala daerah yang jadi pemenang di Bali bekerja keras. Terlebih Indonesia saat ini masih dilanda pandemik COVID-19.

"Saya harap semuanya harus siap bekerja keras, bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan. Bupati dan wali kota se-Bali harus menjalankan kebijakan, disiplin, dan tertib," tutur Koster.

Adapun kelima pasangan yang diusung PDIP dan menang di Pilkada Bali yaitu, I Komang Gede Sanjaya dan I Made Edi Wirawan (Tabanan), I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa (Karangasem), Sang Nyoman Sedana Artha dan I Wayan Diar (Bangli), I Gusti Ngurah Jayanegara dan I Kadek Agus Arya Wibawa (Denpasar), I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa (Badung).

Baca Juga: Pilkada 2020: Kader PDIP Menang di Empat Daerah Jawa barat

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya