[BREAKING] Jokowi: 25 Kabupaten/Kota di Jawa-Bali Masih PPKM Level 4

Jokowi menurunkan level PPKM di Jawa-Bali hingga 6 September

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menurunkan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejumlah wilayah di Jawa-Bali hingga 6 September 2021. Dengan adanya penurunan level tersebut, Jokowi menyebut saat ini terdapat 25 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang masih menerapkan PPKM Level 4.

"Level 4 dari dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 kabupaten/kota, level 3 dari 67 kabupaten/kota jadi 76 kabupaten/kota, level 2 dari 10 kabupaten/kota menjadi 27 kabupaten/kota," papar Jokowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Selain itu, Jokowi juga mengumumkan terdapat penurunan level di wilayah luar Jawa-Bali. Ia mengatakan, perkembangan COVID-19 di luar Jawa-Bali juga semakin baik.

"Untuk wilayah di luar Jawa Bali juga terjadi perbaikan level 4 dari 7 provinsi menjadi 4 provinsi, level 4 dari 104 kabupaten/kota menjadi 85 kabupaten/kota, level 3 dari 234 kabupaten/kota menjadi 232 kabupaten/kota, dan level 2 dari 48 kabupaten/kota menjadi 68 kabupaten/kota. Kemudian level 1 dari tidak ada kabupaten/kota menjadi 1 kabupaten/kota," jelas Jokowi.

Penurunan PPKM level ini, tambah Jokowi, karena kasus COVID-19 yang semakin membaik dalam seminggu ini. Dia mengatakan, positivity rate hingga keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit juga menurun.

"Tingkat positivity rate terus menurun. Dalam tujuh hari terakhir, tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus COVID semakin membaik. Rata-rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen," jelas Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Perpanjang PPKM, Sejumlah Daerah Turun Level

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya