[BREAKING] Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Istana

Jokowi tampak menggunakan setelan jas lengkap

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin upacara penurunan Sang Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-76 RI sore ini, Senin (17/8/2021), di Istana Merdeka, Jakarta. Pantauan dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki area upacara pukul 17.12 WIB.

Setelah memasuki area upacara, Kolonel Faisol Izuddin Karimi yang berlaku sebagai Komandan Upacara memberikan komando kepada peserta upacara untuk memberi penghormatan kepada Inspektur Upacara, Jokowi.

"Kepada Inspektur Upacara, hormat senjata grak," kata Faisol.

Penghormatan kepada Jokowi tersebut menjadi komando bahwa upacara penurunan Sang Merah Putih segera dilaksanakan.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia hari ini digelar secara virtual karena gelombang virus corona yang masih mengancam Indonesia. Sehingga, pejabat yang hadir pun dibatasi di Istana.

Pagi tadi, Jokowi menjadi Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus dengan mengenakan pakaian adat Lampung. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat dari Sukabumi. Namun, di upacara penurunan Sang Merah Putih, Jokowi dan Ma'ruf hadir dengan mengenakan setelah jas lengkap bersama peci.

Tak hanya itu saja, sejumlah pejabat negara juga hadir secara fisik seperti Panglima TNI Marsekal hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, dan lainnya.

Baca Juga: [BREAKING] Tim Indonesia Tumbuh Bertugas pada Upacara Penurunan Bendera Sore Ini

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya