[BREAKING] Jokowi: Saya Sudah Ingatkan Menteri Jangan Korupsi Bansos!

"Bansos itu sangat dibutuhkan oleh rakyat," kata Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku sudah sering mengingatkan para menterinya terkait penggunaan APBN, termasuk dana anggaran untuk bantuan sosial. Sebab, bantuan sosial di masa pandemik COVID-19 ini sangat dibutuhkan oleh rakyat.

"Berulang kali saya mengingatkan ke semua pejabat negara, baik itu menteri, gubernur, bupati, wali kota dan semua penjabat untuk hati-hati dalam menggunakan uang dari APBD kabupaten/kota, APBD provinsi dan APBN," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang ditayangkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020).

"Apalagi ini terkait dengan bansos dalam rangka penanganan COVID dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan oleh rakyat," lanjut dia.

Menurut Jokowi, ia juga sudah sering menyampaikan kepada jajarannya agar menciptakan sistem yang bisa menutup celah untuk korupsi.

"Saya terus-menerus sampaikan untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi," ujar Jokowi.

Terkait penangkapan Menteri Sosial non-aktif Juliari Batubara, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tentunya kita menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK. Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para Menteri Indonesia Maju, jangan korupsi," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara, sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi program bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Mensos Juliari langsung menyerahkan diri ke KPK dengan didampingi sejumlah orang.

“Tersangka JPB (Juliari Peter Batubara) menyerahkan diri ke KPK hari Minggu tanggal 6 Desember 2020, sekitar jam 02.50 WIB dini hari,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dihubungi IDN Times, Minggu (6/12/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Dua Menterinya Ditangkap KPK, Jokowi: Saya Tidak akan Lindungi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya