[BREAKING] Kepala BNPB Jadi Komandan Satgas Penanganan Virus Corona

Protokol kesehatan diterapkan di 135 pintu gerbang Indonesia

Tangerang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan saat ini pemerintah telah mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Utamanya, setelah World Health Organization (WHO) telah menetapkan status wabah virus corona menjadi pandemik.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah telah membentuk satuan tugas untuk penanganan Virus Corona. Satgas tersebut dikomandani oleh Kepala BNPB, Doni Monardo.

"Pengawasan dan isolasi pasien suspect juga terus dijalankan tim reaksi cepat dibentuk, dikomandani oleh Kepala BNPB dan disiapkan di RS tipe A," kata Jokowi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3).

Jokowi menjelaskan, pemerintah juga sudah menerapkan protokol kesehatan di 135 pintu gerbang Indonesia. "Tadi untuk menjaga pintu negara kita ada 135 pintu gerbang baik di darat di pelabuhan atau airport. Ini protokol keamanan dan protokol kesehatan diterapkan," jelasnya.

Selain itu, penanganan cepat di RS rujukan juga sudah dilakukan oleh pemerintah. "Mitigasi kondisi tengah disiapkan dengan cepat dan sebaik baiknya. RS rujukan disampaikan menkes ada 132 RS sebelumnya 100, lalu 132 dan kita tambah lagi 109 RS TNI, 53 lagi RS Polri, dan 65 RS BUMN," tutur Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Umumkan 2 Pasien Positif Virus Corona Meninggal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya